Ucapan, Quote dan Sejarah Tahun Baru yang Dirayakan 1 Januari 2022

Penulis: Yantina Debora, tirto.id - 28 Des 2021 14:17 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Ucapan dan quote perayaan Tahun Baru 2022 serta sejarah tanggal 1 Januari disebut sebagai awal tahun baru.
tirto.id - Seluruh dunia bakal menyambut dan merayakan pergantian tahun pada 31 Desember 2021 hingga 1 Januari 2022 atau yang dikenal Tahun Baru.

Dikutip dari Britannica, Tahun Baru adalah salah satu perayaan sosial, budaya, dan agama yang tertua serta paling universal di dunia.

Sejarah Tahun Baru 1 Januari


Catatan paling awal yang diketahui tentang festival Tahun Baru berasal dari sekitar 2000 SM di Mesopotamia.

Namun saat itu perayaan Tahun Baru berbeda-beda. Misalnya di Babilonia, tahun baru (Akitu) dimulai dengan bulan baru setelah ekuinoks musim semi (pertengahan Maret) dan di Asyur dekat dengan musim gugur ekuinoks (pertengahan September).

Untuk orang Mesir, Fenisia, dan Persia tahun baru dimulai dengan titik balik matahari di musim gugur (21 September), dan untuk orang Yunani awal tahun dimulai dengan titik balik matahari di musim dingin (21 Desember).

Pada kalender Romawi tahun baru dimulai pada 1 Maret, tetapi setelah 153 SM tanggal resminya adalah 1 Januari, yang dilanjutkan dalam kalender Julian 46 SM.

Meski 1 Januari disebut sebagai Tahun Baru, pada abad pertengahan, sebagian besar orang Kristen Eropa menganggap tanggal 25 Maret, sebagai awal tahun baru.

Tanggal 25 Maret merupakan Hari Raya Khabar Sukacita atau Feast of the Annunciation. Pada hari tersebut Maria menerima kabar gembira dari Malaikat Gabriel.

Hingga saat Kalender Gregorian, yang diadopsi pada 1582 oleh Gereja Katolik Roma, menetapkan 1 Januari sebagai Tahun Baru.

Selanjutnya ebagian besar negara Eropa secara bertahap mengikuti perayaan Tahun Baru 1 Januari: Skotlandia, pada tahun 1660; Jerman dan Denmark, sekitar tahun 1700; Inggris, pada 1752; dan Rusia, pada tahun 1918.

Meski demikian, agama-agama dan budaya yang menggunakan kalender lunar terus mengamati awal tahun pada hari-hari selain 1 Januari.

Dalam kalender agama Yahudi, misalnya, tahun dimulai pada Rosh Hashana, hari pertama bulan Tishri, yang jatuh antara 6 September dan 5 Oktober.

Kalender Islam biasanya memiliki 354 hari dalam satu tahun, dengan tahun baru dimulai dengan bulan Muharram. Sedangkan Tahun Baru Imlek dirayakan secara resmi selama sebulan yang dimulai pada akhir Januari atau awal Februari.

Ucapan dan Quote Tahun Baru 1 Januari 2022


Kembang api, hadiah hingga berkirim ucapan adalah tradisi umum yang dilakukan saat Tahun Baru. Namun perayaan Tahun Baru kali ini masih dalam situasi pandemi.

Pemerintah mengimbau untuk tetap melakukan protokol kesehatan termasuk menjaga jarak dan tak berkerumum. Hal ini untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Oleh sebab itu, untuk tetap terhubung dan memeriahkan Tahun Baru 2022, Anda bisa berkirim ucapan atau pesan kepada saudara hingga teman.

Berikut contoh ucapan dan quote Tahun Baru 2022 yang dikutip dari The India Express dan India Today:

"Here's hoping that the new year brings us lots of new and exciting opportunities in our lives. This new year will be our year. Happy New Year!"

"Warmest thoughts and best wishes for a Happy New Year. May peace, love, and prosperity follow you always."

"The future is your story to write make next year the best one yet."

"I’m so proud of everything you accomplished this year, and can’t wait to see what you do in 2022!"

"Praying that you have a truly remarkable and blissful year ahead! Happy new year to you and your family!"

"Here’s a toast to the future, a toast to the past, and a toast to our friends, far and near. The past a bright dream; may our friends remain faithful and clear."

"May you live as long as you want and never want as long as you live!"

"As we start the New Year, let’s get down on our knees to thank God we’re on our feet."

"Here’s to a bright New Year and a fond farewell to the old; here’s to the things that are yet to come, and to the memories that we hold."

"Enjoy this special time of year with those you love, and may the Lord bless you all with a happy and healthy New Year."

"Happy New Year! May you have a blessed New Year full of success, service, and love!"

"May all the goals that you have set for yourself in the near future attain success in the upcoming year itself! Happy New Year 2022 in advance!"

"Just like a new bloom spreads fragrance around, let the New Year also fill you with happiness! Happy New Year."


Baca juga artikel terkait UCAPAN TAHUN BARU 2022 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Sosial Budaya)

Penulis: Yantina Debora
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight