Tren Desain Rumah Japandi: Kombinasi Interior Jepang & Skandinavia

Oleh: Febriansyah - 19 Desember 2019
Dibaca Normal 1 menit
Rumah Japandi adalah kombinasi antara ciri khas Jepang dan Skandinavia.
tirto.id - Banyak anak muda atau pasangan muda menginginkan rumah dengan desain interior hunian yang sesuai dengan karakter mereka. Dalam dunia desain interior, ada banyak referensi, tapi yang sekarang lagi tren adalah interior gabungan antara Jepang dan Skandinavia (Japanese-Scandi) atau Japandi.

Masyarakat Jepang terkenal dengan kehidupan minimalis mereka. Rumah tradisional mereka identik dengan nuansa yang menenangkan jiwa. Berbeda dengan Jepang, interior Skandinavia adalah interior dengan desain masa kini, namun tetap teguh menerapkan prinsip kebahagiaan melalui keseimbangan dalam hidup.

Penggabungan dua interior ini bukan hal baru. Sebelumnya, seperti dilansir interiordesain, ada penggabungan jenis interior seperti gaya desain industrial dan Skandinavia, yang melahirkan gaya skandi-industrial yang khas dan artistik. Seperti halnya skandi-industrial, Japandi juga mencoba melahirkan gaya baru yang berkarakter dan cocok dengan kehidupan masa kini.

Karakter Japandi

1. Minimalis
2. Benuansa alami
3. Dinding didominasi warna putih
4. Furnitur didominasi material light wood
5. Pajangan motif geometris yang simpel tapi unik
6. Cushion motif untuk akses ruang
7. Sentuhan warna pastel yang kalem

Penerapan Japandi dalam Kehidupan

Gaya desain Japandi mengusung konsep Wabi-sabi dan Lagom. Wabi-sabi merujuk pada menghargai keindahan dalam ketidaksempurnaan. Sedangkan Lagom, mencari keseimbangan dalam hidup. Dua konsep ini akan menunjang gaya hidup pemilik rumah yang tentunya akan berpusat pada kecukupan dalam hidup.

Diulas Dekoruma, desain Japandi akan membentuk kebiasaan-kebiasaan baik penghuni rumah agar gaya hidup lebih berpusat pada yang esensial atau paling dibutuhkan dalam hidup. Japandi juga akan menjadikan work-life balance sebagai prioritas saat menjalankan hidup sehari-hari.

Decoruma menegaskan bahwa gaya desain Japandi menitikberatkan keseimbangan dalam hidup yang dicapai dari kenyamanan dalam properti hunian yang sederhana. Beberapa perilaku sederhana itu seperti:

- Menyusun barang sesuai kategori sehingga tak lagi tampak berantakan
- Meluangkan me time secukupnya
- Berhenti kerja lewat dari jam 8 malam
- Menjaga pola makan sehat seperti makan makanan bergizi dan seimbang


Baca juga artikel terkait DESAIN INTERIOR atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Sosial Budaya)

Kontributor: Febriansyah
Penulis: Febriansyah
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight