tirto.id - Dalam rangka memproduksi dan memasarkan mobil compact di pasar ekonomi berkembang, Yoyota Motor Corp akan membentuk perusahaan patungan internal dengan Daihatsu.
Ambisi terpendam Toyota tersebut berusaha diwujudkan dengan tujuan untuk memperluas pangsa pasar di pasar Asia lainnya. Toyota mengaku membidik Vietnam, India, dan Pakistan.
Untuk itu, produsen otomotif Jepang itu berencana membuat unit baru itu pada Januari tahun depan dan akan dipimpin oleh Daihatsu yang belum lama ini masuk grup Toyota.
Dalam kerjasama ini, Daihatsu akan bertindak selaku penanggung jawab dalam bagian pengembangan, pengadaan, dan persiapan produksi untuk mobil compact sedangkan dua perusahaan akan menggunakan situs produksi yang ada untuk memproduksi mobil compact itu.
"Dengan pendirian perusahaan internal ini, Toyota berniat mempelajari hal paling fundamental dari daya saing Daihatsu dan mengubah etos kerja kami," kata Wakil Presiden Eksekutif Toyota Shigeki Terashi dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (4/10/2016).
Perusahaan otomotif ini berniat mengubah Daihatsu menjadi brand global di tengah fokus mereka kepada pasar bertumbuh demi mobil compact entry-level produksi mereka yang semakin mungil dan hemat bahan bakar di tengah keprihatinan lingkungan dan sergapan lalu lintas yang macet.
Daihatsu saat ini menguasai sekitar 16 persen pangsa pasar kendaraan penumpang di Indonesia di mana di sini perusahaan itu membuat Ayla dan mobil-mobil lainnya dalam sebuah perusahaan patungan dengan Astra International. Di Malaysia, Toyota mengoperasikan sebuah perusahaan patungan yang menguasai pangsa pasar 32,5 persen.
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh