Menuju konten utama

Toyota-Dihatsu Patungan Tingkatkan Produksi dan Distribusi

Dalam rangka memproduksi dan memasarkan mobil compact di pasar ekonomi berkembang, Yoyota Motor Corp akan membentuk perusahaan patungan internal dengan Daihatsu.

Toyota-Dihatsu Patungan Tingkatkan Produksi dan Distribusi
Pengunjung melihat mobil Toyota New Vellfire G Limited, line-up terbaru Toyota MPV Luxury, pada pameran otomotif GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2016, di Tangerang, Banten, Rabu (17/8). GAIKINDO mencatat, dalam 7 bulan pertama 2016 penjualan MPV Luxury mencapai 2.115 unit atau naik 38,6% dibandingkan periode yang sama 2015, dan Toyota melalui All New Alphard dan All New Vellfire berhasil menguasai pasar dengan angka pertumbuhan 57,7%, atau meningkat dari 1.155 unit pada 2015 menjadi 1.821 unit pada tahun 2016 ini. ANTARA FOTO/Audy Alwi.

tirto.id - Dalam rangka memproduksi dan memasarkan mobil compact di pasar ekonomi berkembang, Yoyota Motor Corp akan membentuk perusahaan patungan internal dengan Daihatsu.

Ambisi terpendam Toyota tersebut berusaha diwujudkan dengan tujuan untuk memperluas pangsa pasar di pasar Asia lainnya. Toyota mengaku membidik Vietnam, India, dan Pakistan.

Untuk itu, produsen otomotif Jepang itu berencana membuat unit baru itu pada Januari tahun depan dan akan dipimpin oleh Daihatsu yang belum lama ini masuk grup Toyota.

Dalam kerjasama ini, Daihatsu akan bertindak selaku penanggung jawab dalam bagian pengembangan, pengadaan, dan persiapan produksi untuk mobil compact sedangkan dua perusahaan akan menggunakan situs produksi yang ada untuk memproduksi mobil compact itu.

"Dengan pendirian perusahaan internal ini, Toyota berniat mempelajari hal paling fundamental dari daya saing Daihatsu dan mengubah etos kerja kami," kata Wakil Presiden Eksekutif Toyota Shigeki Terashi dikutip dari kantor berita Antara, Selasa (4/10/2016).

Perusahaan otomotif ini berniat mengubah Daihatsu menjadi brand global di tengah fokus mereka kepada pasar bertumbuh demi mobil compact entry-level produksi mereka yang semakin mungil dan hemat bahan bakar di tengah keprihatinan lingkungan dan sergapan lalu lintas yang macet.

Daihatsu saat ini menguasai sekitar 16 persen pangsa pasar kendaraan penumpang di Indonesia di mana di sini perusahaan itu membuat Ayla dan mobil-mobil lainnya dalam sebuah perusahaan patungan dengan Astra International. Di Malaysia, Toyota mengoperasikan sebuah perusahaan patungan yang menguasai pangsa pasar 32,5 persen.

Baca juga artikel terkait TOYOTA MOTOR CORPORATION atau tulisan lainnya dari Mutaya Saroh

tirto.id - Otomotif
Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh