Menuju konten utama

Toyota Avanza Laris Manis di Auto2000

Catatan penjualan Auto2000 menunjukkan Toyota Avanza masih menjadi mobil terlaris pada 2016. Penjualannya tembus 60 ribu unit.

Toyota Avanza Laris Manis di Auto2000
All New Avanza. [Foto/toyota.astra.co.id]

tirto.id - Toyota Avanza masih menjadi mobil terlaris dengan raihan penjualan mencapai 60 ribu unit atau berkontribusi sebesar 33,9 persen dari total catatan penjualan Auto2000 pada 2016, demikian Auto2000 menyebutkan dalam keterangan tertulis, Kamis (26/1/2017).

Dealer mobil Toyota terbesar di Indonesia ini juga menyebutkan, Toyota Kijang Innova menjadi mobil terlaris kedua dengan penjualan mendekati angka 29 ribu unit atau 16,3 persen dari total penjualan. Disusul Toyota Agya dengan penjualan lebih dari 20 ribu unit atau 11,6 persen dari total penjualan.

Sementara Toyota All New Calya yang diluncurkan Agustus 2016 silam meraih penjualan sebanyak 17 ribu unit atau berkontribusi 9,7 persen dari total penjualan selama tahun 2016.

Secara total, Auto2000 berhasil menjual 176 ribu unit mobil Toyota.

Chief Executive Auto2000 Agus Prajitno menyampaikan tahun 2016 menjadi sebuah berkah karena di tengah sengitnya persaingan pasar otomotif roda empat, perusahaannya justru mengalami kenaikan.

“Penjualan tahun ini kami tutup dengan sangat positif. Kami bersyukur penjualan tahun 2016 menembus angka tertinggi selama tiga tahun terakhir. Kami pun terbantu dengan hadirnya beberapa produk baru dan improvement yang diluncurkan oleh Toyota Astra Motor, diantaranya seperti Fortuner, Rush, Sienta, dan Calya.” Ujar Agus.

Dari sebaran wilayah penjualan, menurut Agus, penjualan Auto2000 masih didominasi oleh wilayah Jakarta dengan kontribusi sebesar 46,7 persen, naik 31,4 persen di periode yang sama. Berikutnya, wilayah Jawa Timur menyumbang penjualan sebesar 17,0 persen, kemudian Sumatera 15,8 persen, Jawa Barat 13,8 persen, dan Kalimantan + Bali 6,7 persen.

Chief Marketing Auto2000 Martogi Siahaan menyampaikan untuk tahun 2017, Auto2000 akan terus perkuat layanan tidak hanya dari sisi sales dan tetapi juga after sales,

"Bertumbuhnya penjualan tentunya akan berdampak pada jumlah pelanggan setia yang akan servis di bengkel kami, sehingga kami perlu perkuat layanan baik dari sisi sales juga after sales," ujar Martogi seperti dikutip Antara.

Baca juga artikel terkait TOYOTA atau tulisan lainnya dari Agung DH

tirto.id - Hard news
Reporter: Agung DH
Penulis: Agung DH
Editor: Agung DH