Liga Italia Serie A 2019/2020

Top Skor Liga Italia 2020 Hari Ini: Gol Immobile Jauhi C. Ronaldo

Oleh: Hendi Abdurahman - 30 Juli 2020
Dibaca Normal 1 menit
Persaingan daftar pencetak gol terbanyak atau top skor Liga Italia Serie A 2019/2020 antara Ciro Immobile dan Cristiano Ronaldo diprediksi berlangsung hingga akhir.
tirto.id - Persaingan daftar pencetak gol terbanyak atau top skor Liga Italia Serie A 2019/2020 antara bomber Lazio, Ciro Immobile, dan bintang Juventus, Cristiano Ronaldo, diprediksi berlangsung hingga akhir musim. Menyisakan satu laga sisa, Immobile unggul dengan 35 gol, sedangkan C. Ronaldo mengoleksi 31 gol.

Pada pertandingan giornata 37 yang berlangsung di Stadion Olimpico, Lazio sukses menumbangkan Brescia 2-0. Unggul lewat gol Joaquin Correa di babak pertama, Ciro Immobile menggenapkan kemenangan tuan rumah di babak kedua.

Dengan torehan tersebut, eks striker Torino dan Borussia Dortmund itu berpeluang besar meraih gelar individu sebagai pencetak gol terbanyak alias capocannoniere. Bahkan, kini Immobile berkesempatan meraih Sepatu Emas Eropa 2020 lantaran telah melewati catatan gol penyerang Bayern Munchen, Robert Lewandowski (34 gol).

Sejauh ini, Immobile unggul dengan total poin 70 berbanding 68 poin milik Lewandowski. Untuk diketahui, kedua pemain tampil di kompetisi yang memiliki nilai koefisien 2, sehingga untuk jumlah gol yang dikoleksi akan dikalikan sesuai nilai koefisien liga.

Telah berakhirnya kompetisi Bundesliga Jerman, Lewandoswski juga dipastikan tak mampu melewati capaian gol (poin) Immobile. Meski sulit, satu-satunya pemain yang masih berpeluang yakni Cristiano Ronaldo.

Immobile Di Ambang Rekor

Immobile berpotensi menorehkan rekor sebagai pencetak gol terbanyak Serie A dalam satu musim. Sebagaimana dilansir Opta, sebelumnya catatan tersebut menjadi milik Gonzalo Higuain ketika berseragam Napoli dengan koleksi 36 gol yang terjadi pada musim 2015/2016.

Dengan demikian, Immobile setidaknya mesti mencetak dua gol tatkala melawan Napoli pada laga pemungkas, Minggu (2/8/2020) di Stadion San Paolo.

Jika melihat kondisi terkini, serta merujuk pada catatan head to head melawan Napoli, Immobile memiliki kans besar untuk mencetak gol di laga tersebut. Dari tiga pertemuan terakhir di Serie A melawan Napoli, Immobile selalu mencetak gol.


Peluang Ronaldo Tipis

Berbanding terbalik dengan Immobile yang berhasil mencetak gol dalam empat pertandingan terakhir, Cristiano Ronaldo justru mulai melempem dan kehilangan konsistensi.

Bahkan pada laga terakhir melawan Cagliari, misalnya, CR7 terlihat tidak efektif. Dari catatan Whoscored, bintang asal Portugal itu melakukan 10 kali percobaan. Dua di antaranya mengarah ke gawang, satu kali tendangan off target, dan 7 tendangan lainnya berhasil diblok barisan pertahanan lawan.

Pertandingan terakhir melawan AS Roma pun akan sangat menentukan bagi Ronaldo. Andai benar-benar ingin menjadi top skor Liga Italia sekaligus meraih penghargaan sepatu emas Eropa, Ronaldo setidaknya mesti membikin lima gol.

Namun, peluang itu sangat kecil. Pasalnya, musim ini, Ronaldo tak pernah melakukannya. Bahkan, sang pemain hanya sukses mencetak satu kali hattrick pada musim ini.

“Ronaldo pemain penuh naluri dan tidak sepenuhnya masuk ke dalam peran taktis tertentu yang merupakan kelebihan dari dirinya. Namun, tampaknya striker yang lain harus beradaptasi dengan pergerakannya,” ujar pelatih Juventus, Maurizio Sarri.

Top Skor Liga Italia 2019/2020 Pekan 37

No Pemain Klub Gol
1 Ciro Immobile Lazio 35
2 C. Ronaldo Juventus 31
3 R. Lukaku Inter Milan 23

Klasemen Sepatu Emas Eropa

Pemain Klub Gol Koefisien Poin
Ciro Immobile Lazio 35 2 70
Lewandowski Bayern Munchen 34 2 68
C. Ronaldo Juventus 31 2 62

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Hendi Abdurahman
Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Iswara N Raditya
DarkLight