STOP PRESS! Jokowi Berpakaian Adat Kalsel Pimpin Upacara HUT RI ke-72

Tom Cruise Berakting Tanpa Stuntman di Film The Mummy

Tom Cruise Berakting Tanpa Stuntman di Film The Mummy
Aktor Amerika Serikat Tom Cruise. ANTARA FOTO/REUTERS/Toby Melville/File Photo
07 Juni, 2017 dibaca normal 1 menit
Adegan menegangkan di The Mummy diklaim 90 persen nyata dan dilakukan sendiri oleh aktor utama, Tom Cruise.
tirto.id - Sudah bukan rahasia jika Tom Cruise dikenal sebagai aktor yang menolak stuntman atau pemeran pengganti. Ia memilih untuk melakoni sendiri adegan-adegan di filmnya, meski berbahaya. Begitu pun ketika ia memerankan Nick Morton dalam film The Mummy yang baru hari ini Rabu (7/6/2017) rilis di bioskop-bioskop Tanah Air.

Dikutip dari ABC, sutradara Alex Kurtzman mengklaim, adegan kecelakaan pesawat adalah 90 persen nyata, para kru dan pemain benar-benar jatuh dari pesawat dengan ketinggian 25.000 kaki. Tom Cruise dan Annabelle Wallis melakukan adegan itu sebanyak 60 kali hingga tubuh mereka memar-memar.

"Pada adegan itu, Anda pada dasarnya menjalani latihan astronot. Turun jatuh bebas Anda tidak berbobot, tapi saat gravitasi kembali, beratnya kembali dua kali lipat berat badan Anda," kata Kurtzman.

Untuk melakukan aksi tersebut, kru mengubah Airbus dari NoveSpace – yang sebenarnya digunakan oleh NASA untuk melatih astronot – dan memasangnya dengan bantalan yang dirancang khusus untuk membuatnya terlihat seperti bagian dalam pesawat sungguhan.

Pesawat dibawa naik hingga ketinggian 25.000 kaki kemudian dijatuhkan. Selama 22 detik, para kru dan pemain di dalam pesawat menyesuaikan keadaan tanpa gravitasi itu dengan akting dan dialog.

"Ini menempatkan penonton seakan seperti mengalami kejadian itu.Untuk membuat mereka merasakan teror, tanpa luka apapun - bagi saya itu adalah cara untuk melakukan adegan yang terasa sangat berbeda," kata Kurtzman.

Tak hanya ketegangan kecelakaan pesawat yang disuguhkan Kurtzman untuk penonton, tapi juga petualangan Nick Morton (Tom Cruise) membangkitkan kutukan Mesir Kuno dan membangunkan Putri Ahmanet (Sofia Boutella) yang jahat .

Film The Mummy ini, menurut Kurtzman, bukan hasil pembuatan ulang (remake) dari film The Mummy tahun 2001 yang dibintangi Brendan Fraser dan Rachel Weiz. Namun, film ini merupakan bentuk penghormatan Kurtzman untuk karya klasik Karl Freund pada 1932 dengan judul serupa yang dibintangi Boris Karloff.

Dikutip dari Variety, Kurtzman beserta kru sukses membawa The Mummy menjadi film dengan pendapatan terbesar sepanjang sejarah pada hari pertama rilisnya di Korea Selatan. The Mummy meraih 6,6 juta dollar AS mengalahkan film Train to Busan yang meraih 34,4 juta dollar AS setelah lima hari rilis.

Selain Tom Cruise, film ini dibintangi aktor kawakan Russell Crowe dan sederet nama lain, seperti Sofia Boutella, Anabelle Wallis, Jake Johnson, Courtney B. Vance dan Chasty Ballesteros.

Baca juga artikel terkait INDUSTRI FILM atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - dip/dip)

Keyword