TNI dan Polri Kerahkan Aparat Gabungan Jaga KTT IORA

Oleh: Mutaya Saroh - 6 Maret 2017
Dibaca Normal 1 menit
Sejumlah aparat gabungan dari TNI dan Polri dikerahkan dalam pengamanan di Jakarta Convention Center (JCC) jelang puncak pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Asosiasi Negara Lingkar Samudra Hindia (KTT IORA).
tirto.id - Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Kepolisian RI meningkatkan pengamanan di Jakarta Convention Center (JCC) jelang puncak pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Asosiasi Negara Lingkar Samudra Hindia (KTT IORA) yang akan dilaksanakan pada Selasa (7/3/2017).

Sejumlah aparat gabungan dari TNI dan Polri dilengkapi dengan senjata lengkap, melibatkan anjing pelacak, berjaga di beberapa titik pintu masuk kawasan JCC tempat berlangsungnya KTT IORA.

"Jelang puncak digelarnya KTT IORA tahun 2017 yang akan dihadiri oleh beberapa kepala negara dan kepala pemerintahan, pengamanan di JCC tempat berlangsungnya acara dijaga ketat oleh pasukan TNI dan Polri," kata Komandan Satuan Tugas Pengamanan VVIP KTT IORA 2017 Letkol Laut Edys Riyanto, dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Senin, (6/3/2017) seperti dilansir dari Antara.

Edys menyampaikan penjagaan ketat juga dilaksanakan di pintu masuk stadion Gelora Bung Karno yang berada di kawasan JCC Senayan, Jakarta Pusat.

Selain itu, kata Edys, pengamanan juga dilaksanakan di bandara Soekarno-Hatta dan Halim Perdana Kusuma Jakarta sebagai tempat kedatangan serta hotel tempat menginap para tamu kepala negara dan kepala pemerintahan yang akan mengikuti kegiatan KTT IORA 2017.

Menurut dia, jumlah kekuatan TNI dan Polri yang terlibat dalam pengamanan VVIP KTT IORA sebanyak 12.000 prajurit terdiri dari TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, TNI Angkatan Udara dan Polri.

Beberapa alutsista yang dikerahkan untuk mendukung pengamanan jalannya KTT antara lain Heli Bell 412, Panser Anoa, Kendaraan khusus Jihandak, Kapal Perang Republik Indonesia (KRI), Sea Rider serta Pesawat Boeing 737- 400, Pesawat Hercules C-130 VIP, Pesawat C-295, Heli NA S-332 VIP, Heli NA S-332, Heli SA-330 dan Heli EC-120B.

KTT IORA untuk memperingati 20 tahun IORA berdiri rencananya akan dihadiri oleh 16 kepala negara dan pemerintahan, delapan organisasi internasional, dan perwakilan dari tujuh negara mitra wicara.

KTT IORA diselenggarakan di Jakarta Convention Center(JCC), Senayan pada 5-7 Maret 2017. Acara IORA didahului pertemuan tingkat pejabat tinggi pada 5 Maret, pertemuan tingkat menteri pada 6 Maret, dan pertemuan tingkat tinggi atau KTT pada 7 Maret.

Rangkaian Pertemuan IORA merupakan kegiatan berskala internasional yang diikuti negara-negara yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Tema yang diangkat dalam Pertemuan IORA yang digelar pada masa keketuaan Indonesia itu adalah "Strengthening Maritime Cooperation for Peaceful, Stable, and Prosperous Indian Ocean" (Memperkuat Kerja Sama Maritim untuk Kawasan Samudra Hindia yang Damai, Stabil, dan Makmur).

Baca juga artikel terkait KTT IORA atau tulisan menarik lainnya Mutaya Saroh
(tirto.id - Politik)

Reporter: Mutaya Saroh
Penulis: Mutaya Saroh
Editor: Mutaya Saroh
DarkLight