Tips Pengisian Cepat Baterai Samsung M20 dengan Mode Fast Charging

Oleh: Dinda Silviana Dewi - 13 Februari 2020
Dibaca Normal 1 menit
Samsung M20 memiliki fitur fast charging yang bisa mengatur proses pengisian baterai lebih cepat dari biasanya.
tirto.id - Teknologi pengisian baterai secara cepat atau fast charging saat ini sudah dimiliki oleh sejumlah merek smartphone. Salah satunya adalah gawai keluaran Samsung. Adanya teknologi ini diklaim dapat mengefektifkan waktu pengisian baterai.

Ponsel pintar yang belum dilengkapi teknologi fast charging dapat membuat waktu tunggu dalam pengisian baterai menjadi lama. Teknologi fast charging hadir untuk mengatasi masalah seperti ini, demikian dikutip dari laman Samsung.

Selama ini, ada sejumlah produk ponsel pintar Samsung yang disertai dengan teknologi pengisian cepat ini. Salah satunya, Samsung Galaxy M20.

Untuk memahami teknologi fast charging, perlu diketahui setiap baterai terdiri dari dua elektroda (positif serta negatif) dan reaksi katalisis elektrolit yang mengubah senyawa menjadi zat baru.

Seiring waktu, ion yang terbentuk dalam elektroda mengarahkan aliran elektron ke terminal luar negatif baterai dan memasok daya listrik ke baterai ponsel.

Dikutip dari Digital Trends, daya baterai ponsel pintar terisi saat arus melewatinya. Tegangan yang lebih tinggi dan voltase yang lebih tinggi dapat membuat pengisian baterai lebih cepat.

Namun, karena ada batasan daya yang dapat tersimpan di baterai, diperlukan chip pengontrol muatan (IC) untuk menghindari lonjakan isian daya yang bisa berbahaya.

Chip pengontrol (IC) tersebut mengatur keseluruhan aliran daya listrik yang masuk dan keluar dari baterai. Kontrol bisa dilakukan karena chip IC mengukur arus dan tegangan pada sel baterai. Lalu, chip tersebut menyesuaikan arus yang mengalir masuk ke baterai. Kapasitas kontrol terhadap arus ini biasanya ditentukan oleh perangkat di smartphone.

Adapun Samsung M20 memiliki fitur fast charging yang mampu mengontrol besarnya daya yang masuk ke baterai. Dengan begitu, proses pengisian baterai bisa diatur lebih cepat dari biasanya.

Pada Samsung Galaxy M20, telah ada fitur Adaptive Fast Charging yang dapat diaktifkan dengan cara sebagaimana dilansir dari laman Samsung, berikut ini:

1. Dari pengaturan, geser ke dan ketuk perawatan perangkat

2. Ketuk baterai lalu ketuk opsi lainnya

3. Ketuk pengaturan lalu ketuk sakelar di sebelah Adaptive Fast Charging

Sebaiknya, fitur tersebut diaktifkan secara default. Dengan begitu, saat mencolokkan pengisi daya di Samsung M20, ponsel ini secara otomatis akan mengaktifkan pengisian daya secara cepat.

Namun, pastikan terlebih dahulu kabel USB yang digunakan cocok dengan tipe port USB ponsel ini.
Samsung M20 memiliki tipe USB 2.0 sehingga voltase keluar masuk yang mampu dilewati sebesar 5 Volt dengan tegangan arus 0,5 A.

Baca juga artikel terkait SMARTPHONE atau tulisan menarik lainnya Dinda Silviana Dewi
(tirto.id - Teknologi)

Kontributor: Dinda Silviana Dewi
Penulis: Dinda Silviana Dewi
Editor: Addi M Idhom
DarkLight