Tips Menjaga Kulit Tetap Sehat Selama Berpuasa

Oleh: Yandri Daniel Damaledo - 2 Juni 2017
Dibaca Normal 1 menit
Menjaga kesehatan kulit selama berpuasa di bulan Ramadan juga menjadi hal yang penting, agar kulit terlihat lebih segar dan berseri.
tirto.id - Bulan Ramadan bukan hanya jadi kesempatan untuk memperbaiki pola makan, namun juga untuk menjaga kesehatan kulit. Selama berpuasa, sebagian orang takut kulitnya menjadi kering dan kusam karena kurangnya asupan cairan serta nutrisi yang masuk ke dalam tubuh dibandingkan hari biasanya.

Menjaga kesehatan kulit sama pentingnya dengan memiliki makanan yang sehat selama berpuasa. Dikutip dari Al Arabiya, berikut tips bagi anda untuk membantu menjaga kesehatan kulit:

1. Hidrasi

Minum cukup air, dengan anjuran setidaknya delapan gelas antara waktu berbuka puasa dan sahur. Hindari minuman berkarbonasi, mengandung banyak gula atau minuman beralkohol seperti soda dan jus, serta yang mengandung kafein karena dapat menyebabkan dehidrasi. Jika Anda tidak menyukai air biasa, anda bisa mencampurnya dengan potongan buah segar atau infuse water. Ini dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda, menghilangkan racun, menghindari dehidrasi, dan bebas kalori. Kombinasi yang baik untuk membuat infuse water adalah:

- Potongan lemon, mentimun, daun mint
- Jeruk, jahe, buah stroberi
- Blueberri, raspberrie, daun mint dan jeruk nipis
- Jeruk nipis, jeruk, lemon
- Nanas, daun mint, jeruk

2. Hindari terlalu banyak mencuci wajah

Selama Ramadan, kemungkinan kulit anda mengalami dehidrasi karena berpuasa. Hal ini dapat diperburuk dengan terlalu sering mencuci wajah, gunakan semprotan wajah atau facial spray sebagai gantinya. Simpan facial spray anda di lemari es agar lebih terasa sejuk, hal ini juga bertujuan untuk mengurangi pembengkakan pada wajah.

3. Gunakan tabir surya

Selama bulan Ramadan di musim panas, sangat penting agar kulit anda terlindung dari paparan sinar matahari. Oleskan tabir surya di siang hari yang setidaknya mengandung SPF 30, dan oleskan kembali jika anda berada di luar ruangan selama lebih dari tiga jam.

4. Konsumsi makanan kaya serat

Jika Anda menginginkan kulit berseri dan sehat, bahkan saat puasa, perbanyak asupan antioksidan ketika berbuka puasa dan sahur. Konsumsilah makanan yang kaya akan serat dan antioksidan, seperti buah beri, kacang almond, coklat dan buah delima dan sayur-sayuran. Segenggam berry adalah sumber vitamin dan mineral yang baik dan dibutuhkan kulit anda setelah seharian berpuasa.

5. Masker wajah secara rutin

Gunakan masker sekali atau dua kali seminggu. Masker wajah dapat membantu membersihkan pori-pori yang tersumbat, dan kulit anda terasa lebih halus dan terlihat lebih bercahaya. Pengelupasan masker secara teratur juga merangsang sirkulasi darah di wajah anda. Bilas wajah anda dengan air dingin setelah pengelupasan untuk membantu menutup pori-pori.

6. Gunakan pelembab

Setelah menggunakan perawatan kulit anda sehari-hari, penting juga untuk melembabkan kulit. Karena mengurangnya jumlah konsumsi air di siang hari, gunakanlah pelembab yang menghidrasi. Bagi mereka yang memiliki kulit kering, gunakan krim atau minyak khusus wajah. Jika anda memiliki jenis kulit berminyak, gunakan pelembab berbasis gel yang tinggi hidrasi.

7. Suplemen

Setelah mengikuti semua langkah ini, jika kulit anda tetap terasa seperti kekurangan nutrisi, kering atau kusam, minumlah suplemen yang mengandung vitamin C, E dan A serta mengandung antioksidan. Minumlah sesuai dosis yang dianjurkan selama berbuka puasa dan dan sahur.

    Baca juga artikel terkait RAMADHAN atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
    (tirto.id - Kesehatan)

    Reporter: Yandri Daniel Damaledo
    Penulis: Yandri Daniel Damaledo
    Editor: Yandri Daniel Damaledo
    DarkLight