Tips Menjaga Kesehatan Kulit Saat Musim Pancaroba

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari, tirto.id - 21 Sep 2022 10:43 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Permasalahan kulit yang mungkin timbul saat musim pancaroba di antaranya masalah jerawat, kulit kering, maupun noda membandel pada kulit terutama wajah.
tirto.id -
Beberapa wilayah di Indonesia saat ini sudah mulai memasuki musim pancaroba atau peralihan cuaca dari musim panas ke musim hujan.

Saat musim pancaroba tak jarang akan berdampak pada kesehatan fisik termasuk pada kesehatan kulit kita. Beberapa permasalahan kulit yang mungkin timbul saat musim pancaroba di antaranya masalah jerawat, kulit kering, maupun noda membandel pada kulit terutama wajah.

Meski sudah membersihkan wajah secara rutin setiap hari, perawatan ekstra juga dibutuhkan untuk membuat kulit tetap sehat saat musim pancaroba tiba. Dalam menjaga kulit agar tetap bercahaya berkilau, tak cukup hanya menerapkan gaya hidup seimbang tapi juga harus menerapkan beberapa langkah perawatan.

Berikut beberapa tips menjaga kesehatan kulit saat musim pancaroba seperti dilansir dari laman Antara,

1. Rajinlah mencuci wajah pada pagi hari

Mencuci muka merupakan hal yang sangat penting dalam tahapan perawatan kulit. Tidak hanya membersihkan kotoran, cuci muka menjadi aktivitas yang membuat kulit agar terlihat segar dan memberikan semangat dalam melakukan aktivitas. Saat mencuci dan membersihkan wajah, pilihlah cleanser yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan jenis kulit.

2. Seimbangkan pH kulit dengan toner

Langkah selanjutnya adalah menggunakan toner yang berfungsi mempertahankan pH kulit, membersihkan sumbatan pada pori sehingga pori tidak tertutup, mengangkat sel-sel kulit mati, mengurangi kelebihan minyak pada wajah.

3. Cobalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi kulit

Kulit juga membutuhkan nutrisi agar tetap sehat. Agar kulit mendapatkan nutrisi yang cukup, menggunakan serum bisa menjadi salah satu tahapan perawatan kulit yang diperlukan.

Anda bisa memilih serum yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda untuk menghasilkan iritasi kulit yang lebih rendah, dan penyerapan transdermal yang lebih dalam hingga efek melembapkan yang lebih tinggi dan memperbaiki sel-sel kulit yang rusak.⁣

4. Gunakan serum antipenuaan dini

Guna menjaga kulit tetap lembut, perlu diberikan serum yang tepat agar terjaga dan tetap terhidrasi. Serum dengan bakuchiol bisa menjadi pilihan tepat karena ini merupakan alternatif dari retinol.

Serum dengan bakuchiol diformulasikan mudah menyerap pada kulit untuk mengatasi penuaan, memperbaiki lapisan kulit terluar, mencerahkan dan meningkatkan produk kolagen.

5. Lindungi permukaan kulit dari jerawat

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang cukup mengganggu. Oleh karenanya, harus diatasi dengan produk yang mengandung niacinamide, zinc dan allantoin yang diformulasikan secara khusus untuk merawat kulit kusam, pigmentasi dan juga pengendalian jerawat.⁣

6. Jaga kelembaban kulit

Kulit kering akan membuat wajah terlihat kusam, oleh karenanya perlu dijaga dengan cara melembabkan.
Pilihlah pelembab dengan mugwort tripeptide karena akan membantu melembabkan, melembutkan, dan menghaluskan.

7. Lindungi kulit dengan tabir surya

Menggunakan tabir surya bermanfaat untuk mencegah penuaan dini dan menghindari kulit dari terbakar serta menjadi langkah preventif mencegah kanker kulit. Penggunaan tabir surya di pagi hari sebelum memulai aktivitas sangat membantu agar kulit tetap sehat dan terhindar dari efek kulit terbakar serta mengurangi paparan UV.

8. Gunakan krim mata

Kulit di sekitar area mata juga harus menjadi perhatian penting saat melakukan rangkaian perawatan kulit. Serum mata yang diformulasikan untuk mengencangkan area mata bisa menjadi pilihan tepat untuk perawatan kulit di area mata.

9. Tidur yang cukup

Agar pemakaian produk perawatan kulit lebih efektif, diperlukan tidur yang cukup. Sebab, saat tidur kulit dapat lebih fokus untuk beregenerasi dan memperbaiki sel-selnya. Selain itu, saat tidur tubuh juga mengeluarkan kolagen dan hormon melatonin. Hormon ini berperan dalam mengatur waktu tidur Anda.





Baca juga artikel terkait LIFESTYLE atau tulisan menarik lainnya Nur Hidayah Perwitasari
(tirto.id - Gaya Hidup)

Penulis: Nur Hidayah Perwitasari
Editor: Iswara N Raditya

DarkLight