tirto.id - Aplikasi TikTok saat ini tak hanya digunakan sebagai sarana hiburan. Namun, kini banyak kita jumpai di aplikasi TikTok orang-orang yang sekadar mempromosikan bisnis atau dagangan hingga menjual langsung dagangannya dengan cara live atau siaran langsung.
Bahkan, tak sedikit pula pengusaha usaha mikro kecil menengah (UMKM) hingga artis yang menggunakan aplikasi TikTok untuk menunjang kebutuhan bisnis dan jualannya.
Aplikasi TikTok saat ini memang sangat bisa dijadikan sebagai salah satu opsi atau sebagai media promosi yang bagus dalam menjangkau pasar yang lebih luas.
Meski begitu, ada beberapa tips atau cara yang perlu Anda perhatikan saat memutuskan untuk menggunakan aplikasi TikTok sebagai salah satu sarana bisnis agar lebih efektif.
Cara memaksimalkan TikTok untuk kembangkan bisnis dan raup keuntungan
Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menggunakan aplikasi TikTok agar lebih efektif untuk berbisnis dan mendorong minat serta mencuri perhatian konsumen.
1. Pastikan Anda mengambil gambar atau video dengan kualitas yang baik
Dilansir dari laman resmi Siap Nikah milik BKKBN, tentu materi jualan Anda lewat aplikasi TikTok akan lebih nyaman ditonton jika memiliki kualitas gambar dan video jernih atau tidak pecah-pecah.
Sehingga, ada baiknya sebelum memulai mengambil gambar, Anda perlu mencari beberapa referensi terlebih dahulu agar iklan dari produk jualan Anda bisa lebih terkonsep.
2. Jangan lupa gunakan hashtag atau tagar dengan lagu yang sedang viral di TikTok
Tak bisa dipungkiri bahwa lagu yang tengah populer di TikTok mampu menarik minat lebih banyak penonton karena mereka ingin mendengar lagu tersebut sekaligus menyaksikan video yang Anda buat menjadi lebih menarik.
Selain itu, jangan lupa juga untuk menggunakan tanda tagar (#) yang juga sedang viral pada postingan agar jangkauannya lebih luas.
3. Unggah video pada waktu yang tepat
Sebelum mengunggah video iklan produk jualan Anda, pastikan terlebih dahulu mencari tahu kapan waktu yang tepat untuk mem-posting video tersebut dengan cara googling terlebih dahulu. Cari tahu kapan waktu terbaik untuk mengunggah video di TikTok, kapan biasanya orang lebih banyak menonton.
Biasanya bisa dilakukan saat malam hari setelah orang pulang kerja dan sebelum tidur atau sekitar pukul 19.00 hingga 21.00 WIB. Ini diharap agar video yang Anda unggah mendapat lebih banyak penonton yang lebih banyak.
4. Tetapkan sasaran iklan untuk meningkatkan pengikut dan mendorong penjualan produk Anda
Menetapkan sasaran yang tepat untuk iklan atau promosi dari produk yang Anda tawarkan atau jual tentu dapat membuat jualan Anda lebih banyak dilirik dan laris terjual.
Sasaran di sini artinya, tetapkan siapa sasaran jualan produk Anda, apakah mereka dari kalangan menengah, menengah ke atas, menengah ke bawah, usia 18 sampai 30 tahun atau seperti apa.
Jika Anda sudah menetapkan sasaran iklan Anda, maka Anda bisa membuat video iklan jualan Anda sesuai dengan target pasar atau sasaran Anda. Sebab, jika sasaran Anda anak muda dan laki-laki tentu video iklan produk Anda akan berbeda bila dibandingkan dengan target sasaran Anda adalah perempuan dan mereka yang sudah berusia lebih dewasa.
5. Maksimalkan fitur yang ada di TikTok
Dilansir dari laman TikTok for Business, dengan menggunakan fitur Promosikan, Anda bisa memilih tujuan yang tepat untuk bisnis Anda, lebih banyak penayangan video untuk menjangkau pengguna baru TikTok, lebih banyak kunjungan situs web untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web, atau lebih banyak pengikut. an.
Editor: Iswara N Raditya