tirto.id - Membeli parfum secara online ada tips dan triknya tersendiri, agar tidak tertipu atau mendapatkan parfum yang tidak sesuai keinginan. Di sisi lain, beli parfum di marketplace adalah pilihan praktis yang bisa menghemat waktu dan tenaga, serta sering juga lebih irit.
Karena transaksi dilakukan daring, maka parfum tentu tidak bisa dicium atau dicoba lebih dahulu sehingga resiko tidak sesuai ekspektasi sangat mungkin terjadi. Ini hal yang perlu digarisbawahi.
Tips Membeli Parfum Online
Berikut beberapa hal lain yang perlu dipertimbangkan ketika ingin membeli parfum di platform online agar sesuai dengan apa yang diinginkan serta dibutuhkan, merujuk pada Social Lifestyle Mag:
Reputasi toko daring
Perhatikan reputasi toko yang menjual parfum tersebut. Biasanya ada penilaian berupa bintang serta review yang diberikan pembeli sebelumnya, untuk menilai reputasi toko. Jika banyak pelanggan yang memberi review baik, maka reputasi toko dapat dipercaya.
Ketahui jenis aroma wewangian
Ada beberapa jenis wewangian yang umum digunakan oleh produsen parfum. Ketahui apa saja kategorinya serta merk apa yang akan dibeli. Dengan demikian Anda tak perlu mencobanya dulu karena sudah paham kira-kira aroma apa yang dimiliki parfum tersebut. Anda cukup mempelajari keterangan yang diberikan oleh toko di deskripsi produk.
Laman Fashion Gone Rogue membantu menjabarkan kategori aroma wewangian parfum seperti berikut ini:
- Wangi bunga: ini adalah jenis wewangian yang paling banyak digunakan oleh produsen parfum. Asalnya bisa dari satu jenis bunga atau dari beberapa jenis bunga yang dipadukan.
- Wangi kesegaran (fresh): jenis aroma ini makin populer karena kesan yang diberikan adalah sejuk atau berbau seperti pantai dan laut.
- Oriental: jenis wewangian oriental umumnya memberi kesan hangat dan seperti rempah-rempah. Aroma ini dianggap romantis dan dirancang untuk bertahan lama.
- Kayu-kayuan (woody): jenis aroma yang hangat dan memberi kesan hutan serta pepohonan. Wewangian ini disukai oleh pria dan wanita yang suka di luar ruangan.
- Wangi buah: aroma buah seperti jeruk (citrus) saat ini banyak ditambahkan ke dalam jenis parfum.
Jangan lupa untuk memperhatikan deskripsi produk yang terdapat pada setiap produk yang dijual di toko online. Selain jenis aroma, merk, berat, ada banyak informasi lain yang bisa diperhatikan dalam deskripsi tersebut.
Konsentrasi
Hal yang menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli parfum adalah konsentrasi atau seberapa pekat parfum tersebut dibanding campurannya. Konsentrasi akan mempengaruhi seberapa kuat atau ringan aroma parfum.
Kemasan
Perhatikan kemasan parfum, terbuat dari bahan apa dan seperti apa desainnya. Parfum yang mahal umumnya memiliki kemasan mewah dan cantik. Kemasan adalah hal yang patut dipertimbangkan ketika membeli barang secara daring.
Kebijakan pengembalian dana
Jika ada toko online yang memiliki kebijakan pengembalian dana jika parfum yang dibeli tidak sesuai keinginan pembeli, atau ada masalah lain yang terjadi, maka Anda bisa memilih toko tersebut. Tentu saja pelajari lebih lanjut persyaratan yang berlaku, agar tidak merugikan kedua belah pihak.
Lama aroma tercium
Setiap parfum memiliki kualitas berbeda serta lama kekuatan aroma yang tercium. Aturan yang berlaku adalah makin tinggi konsentrasi parfum, makin lama aromanya bertahan di kulit atau tubuh Anda.
Berikut ini jenis parfum serta berapa lama aromanya akan bertahan di permukaan kulit:
- Eau de Cologne: 1-3 jam
- Eau de Toilette: 3-8 jam
- Eau de Parfum: 6-12 jam
- Parfum Murni: 12-24 jam
Penulis: Cicik Novita
Editor: Yulaika Ramadhani