Tips dan Cara Menghilangkan Bau Sampah Dapur di Rumah

Oleh: Balqis Fallahnda - 19 November 2020
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini tips dan cara menghilangkan bau sampah dapur di rumah dengan bahan-bahan alami.
tirto.id - Sampah dapur kemungkinan besar adalah hal paling bau di rumah. Terkadang, penghuni rumah mencoba mencari cara untuk membuang bau sampah yang tampaknya mustahil sebab apa pun yang dilakukan, baunya tetap ada atau kembali lagi, demikian seperti ditulis Household Essentials.

Sampah dapur atau sampah rumah tangga semakin menyebarkan bau tak sedap saat sudah beberapa hari didiamkan di tong sampah. Inilah masalah utama yang biasa terjadi membuat bau tak sedap ikut betah di rumah.

Gleam Pressure Washing menjelaskan bahwa bau busuk disebabkan oleh mikroorganisme dan makroorganisme lingkungan fisik dan bahan bakar dari bahan yang membusuk.

Pembusukan menghasilkan banyak bahan kimia dan gas, yang menyebabkan bau sampah. Semakin banyak sampah yang terurai, semakin busuk.

Berikut beberapa cara untuk membantu menghilangkan bau sampah menurut Apartment Therapy.

Alihkan sampah terbau

Ikan dan makanan laut sejauh ini adalah sampah yang memiliki bau yang paling busuk, jadi Becca Napelbaum, ahli kebersihan di Handy, aplikasi layanan rumah sesuai permintaan, merekomendasikan untuk mengantongi limbah dari hidangan ini secara terpisah dan mengeluarkan kantong itu segera setelah selesai menggunakannya.

Ini juga berlaku untuk buah atau sayuran yang telah melewati masa prima, kantongi secara terpisah dan keluarkan secepatnya (atau buat kompos). Baik Napelbaum dan Rapinchuk setuju bahwa garis pertahanan pertama adalah mengurangi hal-hal yang menyebabkan bau busuk.

Soda kue

Jika langsung mengantongi dan membuang sampah sedikit membuat kerepotan, maka dapat mencoba menambahkan bahan penyerap bau.

Ada beberapa daftar barang yang dapat menyerap bau seperti biji kopi dan arang. Namun dalam hal ini Napelbaum menyarankan soda kue. Taburkan di dasar tong sampah untuk membantu mencegah dan menyerap bau.

Rapinchuk menyarankan untuk membuat tablet penyerap bau sendiri di rumah dengan mencampurkan 1/2 cangkir soda kue, 1/3 cangkir garam Epsom, 1/4 cangkir air, dan 10 tetes minyak esensial lemon, lalu tuangkan ke dalam cetakan es batu agar mengeras.

Lalu, masukkan satu atau dua tablet ke dalam tong sampah yang bau, dan menggantinya ketika sudah berhenti bekerja.

Kulit lemon

Letakkan kulit lemon ke dalam tong sampah. “Mereka akan bekerja dengan baik untuk menyamarkan sebagian atau seluruh baunya,” kata Napelbaum, yang menyarankan untuk menggunakan kulitnya bersama dengan ide soda kue yang disebutkan sebelumnya.

Bersihkan tempat sampah secara teratur

Sampah dapat lengket di dalam tong sampah yang membuat bau busuk tidak pergi dari rumah, inilah mengapa menyeka dan membersihkan tong sampah secara teratur harus dilakukan.

Lakukan dua minggu sekali atau setiap melihat sampah lengket di tong sampah. Lebih sering melakukannya akan lebih baik.


Baca juga artikel terkait CARA ATASI BAU SAMPAH atau tulisan menarik lainnya Balqis Fallahnda
(tirto.id - Gaya Hidup)

Kontributor: Balqis Fallahnda
Penulis: Balqis Fallahnda
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight