tirto.id - Hari Belanja Online Nasional 12.12 menjadi salah satu perayaan akhir tahun yang dinantikan setiap orang, karena dapat berbelanja dengan penawaran diskon menarik.
Hari Belanja Nasional 12.12 atau yang disebut Harbolnas diperingati pada 12 Desember setiap tahunnya. Event belanja online tersebut sudah digelar sejak tahun 2012 oleh Asosiasi E-commerce Indonesia (idEA).
Harbolnas akan diadakan selama tiga hari, terhitung dari tanggal 10 hingga 12 Desember 2022.
Perayaan tahunan dengan diskon terbesar ini didukung sejumlah mitra seperti pelaku industri telekomunikasi, perbankan, logistik hingga media.
Promo belanja akhir tahun ini semakin populer seiring dengan tumbuhnya minat belanja online masyarakat dan kemudahan dalam bertransaksi.
Berbelanja online juga harus memperhatikan sejumlah hal, agar tidak merugi dan bisa memanfaatkan promo dengan baik. Berikut ini tipsnya.
TipsBerbelanjaOnline Saat Harbolnas 12.12
Harbolnas 12.12 memberikan kesempatan bagi para pelanggan untuk mendapatkan barang dengan harga diskon yang cukup tinggi.
Hal tersebut tentunya tidak boleh dilewatkan begitu saja, namun ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab untuk melakukan penipuan dengan berbagai modus penjualan.
Agar tetap bijak dalam berbelanja, laman Indonesia Balik memberikan beberapa tips penting untuk dapat memaksimalkan belanja saat event harbolnas berlangsung.
1. Kenali toko online dengan cermat
Sebelum melakukan checkout, pastikan toko sudah terverifikasi oleh platform e-commerce. Pembelian melalui aplikasi resmi yang terpercaya dapat menjamin keamanan dan kelancaran transaksi online.
2. Jangan tergiur dengan harga dan diskon tak masuk akal
Beberapa oknum penjual biasanya memajang suatu barang dengan harga yang sangat murah, sehingga banyak calon customer yang tergiur. Biasanya para oknum penjual tersebut hanya ingin memanfaatkan informasi pribadi calon customer.
3. Baca ulasan dan deskripsi produk
Sebelum melakukan checkout barang yang akan dibeli, pastikan ulasan dan deskripsi produk jelas. Hal tersebut dapat memberikan informasi apakah barang tersebut layak atau tidak.
4. Jangan lupa periksa rating dan testimoni pelanggan
Biasanya beberapa e-commerce mencantumkan rating pembelian, hal tersebut dapat membantu calon pelanggan untuk menentukan toko mana yang memiliki tanggapan bagus dari pelanggan sebelumnya.
Jika memiliki tanggapan positif, sudah bisa dikatakan bahwa e-commerce tersebut memiliki reputasi baik.
5. Simpan bukti transfer
Setelah melakukan pembayaran kepada rekening penjual, jangan lupa untuk menyimpan bukti transfer baik struk dari ATM ataupun screenshot dari ponsel.
Hal tersebut untuk meminimalisir kejadian tidak terduga, mengingat besarnya atensi masyarakat Indonesia terhadap pesta belanja online 12.12, maka tidak heran jika jumlah transaksi akan meningkat tajam dibanding hari-hari biasa.
Penulis: Ruhma Syifwatul Jinan
Editor: Yandri Daniel Damaledo