Tingkat Partisipasi Pemilih di Pilkada Jabar Capai 73 Persen

Oleh: Yantina Debora - 27 Juni 2018
"Alhamdulillah seluruhnya berjalan lancar, partisipasi masyarakat meningkat," kata Iriawan.
tirto.id - Tingkat partisipasi masyarakat dalam menyalurkan hak pilihnya di Pilkada Serentak Jawa Barat 2018 meningkat dari 63 menjadi 73 persen, menurut Penjabat Gubernur Jawa Barat M Iriawan.

"Alhamdulillah seluruhnya berjalan lancar, partisipasi masyarakat meningkat. Kalau direkap lebih dari 72 persen yang jelas meningkat dibandingkan pilkada sebelumnya (Pilgub Jawa Barat 2013)," kata Iriawan usai melakukan video conference Desk Pilkada Jawa Barat dengan KPU kabupaten/kota se-Jawa Barat di Gedung Sate Bandung, Rabu (27/6/2018).

Iriawan menuturkan tingkat partisipasi Pilkada Jawa Barat 2013 hanya 63 persen dan pihaknya memperkirakan meningkatnya tingkat partisipasi pemilih di Jawa Barat pada Pilkada Serentak 2018 salah satunya dikarenakan massifnya sosialisasi.

"Meningkat karena sosialisasi oleh pemerintah daerah maksimal, kemudian dari KPU demikian dan masyarakat juga sudah sadar betul bahwa mereka bisa memilih pemimpin walaupun pilihannya beda-beda. Ini kebahagiaan buat kita tentunya" kata dia.

Selain itu, lanjut dia, meningkatnya partisipasi masyarakat pada Pilkada Jawa Barat 2018 juga tak lepas dari bantuan media massa.

"Terima kasih peran serta media yang ikut serta membantu menyosialisasikan Pilkada 2018 ini dengan terus menerus hingga sekarang pilkada berjalan lancar seperti saat ini," kata dia.

Sementara itu, Ketua KPU Jawa Barat Yayat Hidayat juga menuturkan terima kasih kepada seluruh lapisan masyarakat terkait meningkatnya partisipasi pemilih di Pilkada Serentak Jawa Barat 2018.

"Terima kasih, ini semua juga tak lepas dari peran serta teman-teman media yang ikut serta memberitakan berita-berita positif," kata dia.


Baca juga artikel terkait PILGUB JABAR 2018 atau tulisan menarik lainnya Yantina Debora
(tirto.id - Politik)

Sumber: antara
Penulis: Yantina Debora
Editor: Yantina Debora
DarkLight