Timnas U-19 Indonesia Pertahankan Peringkat 3 Piala AFF U-19

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 Juli 2018
Dibaca Normal 1 menit
Timnas U-19 Indonesia mampu menyamai pencapaian mereka pada Piala AFF U-19 2018 edisi sebelumnya.
tirto.id - Timnas U-19 Indonesia berhasil meraih peringkat tiga pada Piala AFF U-19 2018 di Jawa Timur. Kepastian ini didapat skuat asuhan Indra Sajafri setelah berhasil menaklukkan Thailand pada laga perebutan tempat ketiga di Stadion Delta, Sidoarjo, Sabtu (14/7/2018).

Menghadapi Tim Gajah Putih, Garuda Nusantara menyudahi laga dengan skor 2-1. Gol yang jadi pengunci kemenangan tuan rumah dalam pertandingan ini dicetak Feby Eka Putra dan Syahrian Abimanyu, sementara angka balasan Thailand lahir lewat aksi Matee Sarakum.

Pada menit ke-35, aksi individu Feby Eka Putra di sektor kanan kotak penalti dipungkasi dengan sepakan menyusur tanah ke arah tiang jauh. Si kulit bundar sempat menerpa tiang bagian dalam sebelum memantul dan mengalir melewati garis gawang.

Sebelumnya, pada semifinal Timnas U-19 Indonesia kalah adu penalti dari Malaysia. Sementara itu Thailand yang bertemu Myanmar dalam fase sebelumnya takluk 1-0.

Kemenangan ini sekaligus memastikan Timnas U-19 Indonesia menyamai pencapaian pada edisi 2017. Saat itu, Timnas U-19 Indonesia juga berhasil tampil sebagai peraih peringkat tiga berkat kemenangan atas Myanmar.


Memutus Tren Buruk dari Thailand

Uniknya, kemenangan atas Thailand pada edisi kali ini juga sekaligus memutus tren buruk Indonesia tiap kali bersua Thailand di ajang Piala AFF U-19. Dalam tiga edisi terakhir Piala AFF U-19—termasuk tahun ini—Garuda Nusantara tercatat tiga kali pula dari Thailand.

Pertemuan pertama dalam tiga edisi terakhir Piala AFF terjadi pada 2016 lalu. Saat itu, Indonesia kalah 2-3 dari Thailand. Pada tahun 2017 tren buruk ini pun belum hilang. Bertemu Thailand di babak semifinal, Timnas U-19 Indonesia yang saat itu juga dilatih Indra Sjafri dipecundangi Thailand lewat drama adu penalti (2-3) setelah bermain 0-0 pada waktu normal.

Terakhir, tentu masih segar dalam ingatan kita kala Garuda Nusantara ditaklukkan Thailand awal pekan kemarin. Kewaspadaan agar tak kecolongan lebih dulu wajib dipasang Indonesia jika tak ingin kalah dari Thailand di Piala AFF U-19 untuk kali keempat beruntun.

Piala AFF U-19 2018 sendiri masih akan memainkan satu pertandingan, yakni partai final antara Timnas U-19 Malaysia vs Myanmar, Sabtu (19/7/2018). Laga ini dijadwalkan berlangsung pukul 19.00 WIB di Stadion Gelora Delta, Sidoarjo.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF U-19 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Dari Sejawat
Infografik Instagram