Timnas U-19 Indonesia Perlu Waspadai Garis Pertahanan Timor Leste

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 6 November 2019
Timor Leste mengindikasikan bakal tampil bertahan dengan garis pertahanan rendah.
tirto.id - Timnas U-19 Indonesia akan mengawali perjalanan di Grup K kualifikasi Piala AFC dengan menghadapi Timor Leste, Rabu (6/11/2019) petang ini. Kendati bersua lawan yang diatas kertas lebih lemah, anak asuh Fakhri Husaini perlu waspada agar dapat mengunci poin penuh.

Tampil di Stadion Madya Atletik, Gelora Bung Karno, Timor Leste mengindikasikan bakal tampil bertahan dengan garis pertahanan rendah. Serangan balik dengan umpan-umpan panjang cepat, bakal jadi alternatif tim tamu untuk sebisa mungkin mengalahkan Indonesia.

Dalam pertemuan terakhirnya kontra Indonesia di Piala AFF U-19, Agustus lalu, Timor Leste kalah telak 4-0 karena bermain kelewat terbuka. Dan pelatih mereka, Eduardo Pereira, mengaku telah belajar dari hasil tersebut.

"Kami memang sempat kalah di Piala AFF lalu, tapi kami sudah melakukan persiapan yang maksimal, dan kami berupaya mengalahkan Indonesia," kata Eduardo.

Tak hanya persiapan secara taktikal, skuad asuhan Eduardo juga telah beradaptasi dengan lapangan dan siap tampil sekuat tenaga. "Kami tiba di sini tanggal 31 Oktober, dan kami sudah siap untuk bertanding," tegasnya.

Di sisi lain, Indonesia yang akan didukung ribuan suporter tak bisa lengah begitu saja. Fakhri Husaini, berharap para pemainnya tak pilih-pilih lawan dan bisa memperagakan permainan terbaik di setiap kesempatan.

Kendala sempat dialami Fakhri lantaran salah satu pemainnya, Muhammad Fadhil Adhitya Akshah mengalami cedera saat latihan dan dipastikan absen. Tapi masalah tersebut bisa ditangani karena Indonesia punya sosok pelapis yakni Fadhillah Nur Rahman, pemain berbakat lain dari Diklat Ragunan.

"Namun semua pemain siap. Persiapan kami sekitar empat minggu setelah Piala AFF. Pemain sangat antusias, termotivasi, dan semangat tampil di kualifikasi ini. Mereka ingin memberikan yang terbaik," tandas Fakhri.

Jika tidak ada perubahan, laga Indonesia vs Timor Leste bakal berlangsung mulai pukul 19.00 WIB dan disiarkan langsung Mola TV. Selain Timor Leste, di Grup G Indonesia juga akan bersaing dengan Korea Utara dan Hongkong.


Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI AFC CUP 2020 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Herdanang Ahmad Fauzan
Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Gilang Ramadhan
DarkLight