Menuju konten utama

Timnas AMIN Minta Relawan Kawal TPS: Kalau Perlu Menginap

"> "Datang ke TPS, jangan ditinggal sebelum penghitungan berakhir. Setelah penghitungan berakhir, kawal kardus sampai ke kecamatan."

Timnas AMIN Minta Relawan Kawal TPS: Kalau Perlu Menginap
Captain Tim Pemenangan Nasional Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar (Timnas AMIN) Muhammad Syaugi dalam konferensi pers di Kantor Timnas AMIN, Menteng, Jakarta Pusat pada Selasa (12/12/2023). (Tirto.id/M. Irfan Al Amin)

tirto.id - Kapten Tim Pemenangan Nasional Anies-Muhaimin (Timnas AMIN), Syaugi Alaydrus, mengimbau saksi dan sukarelawan menginap di tempat pemungutan suara (TPS) guna mencegah kecurangan dalam tahapan pencoblosan Pemilu 2024.

Dia mengatakan upaya menjaga dan mengawal suara dari TPS merupakan hal penting. Menurutnya hal tersebut bukan hanya kepentingan masing-masing, melainkan juga kepentingan rakyat secara keseluruhan.

"Jadi kalau kita merasa perlu perubahan, datang ke TPS, kalau perlu menginap," kata Syaugi di saat menerima deklarasi simpul relawan Gerakan Masyarakat Aceh Serantau 24 di Jakarta, Kamis (8/2/2024).

Selain itu, dia juga mengajak para relawan untuk mempersiapkan sejumlah hal guna mengawal suara di TPS, di antaranya menyiapkan ponsel untuk mendokumentasikan proses pemungutan suara. Jangan sampai, kata dia, ponsel yang dibawa justru kehabisan baterai.

"Datang ke TPS, jangan ditinggal sebelum penghitungan berakhir. Setelah penghitungan berakhir, kawal kardus sampai ke kecamatan," tuturnya.

Mantan Kepala Basarnas itu juga menyampaikan sejauh ini sudah ada 1.000 lebih organisasi relawan yang menyampaikan deklarasi kepada Anies-Muhaimin. Setiap harinya, menurutnya selalu ada deklarasi baru dari organisasi relawan.

"Saya semangat dan semakin yakin dengan kehadiran hapak ibu untuk menyambut kemenangan," jelas dia.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada hari Senin, 13 November 2023, menetapkan tiga bakal pasangan calon presiden dan wakil presiden menjadi peserta Pemilu Presiden dan Wakil Presiden (Pilpres) 2024.

Hasil pengundian dan penetapan nomor urut peserta Pilpres 2024 pada hari Selasa, 14 November 2023, pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar nomor urut 1, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka nomor urut 2, dan Ganjar Pranowo-Mahfud Md. nomor urut 3.

KPU juga telah menetapkan masa kampanye mulai 28 November 2023 hingga 10 Februari 2024, kemudian jadwal pemungutan suara pada tanggal 14 Februari 2024.

Baca juga artikel terkait TIMNAS AMIN

tirto.id - Politik
Sumber: Antara
Editor: Fahreza Rizky