Menuju konten utama

TikTok Indonesia Meriahkan Ramadan dengan Ramadan Hub

Melalui Ramadan Hub, TikTok Indonesia menghadirkan dua fitur teranyar yang disebut dengan SABAR, singkatan dari Sahabat Bulan Ramadan.

TikTok Indonesia Meriahkan Ramadan dengan Ramadan Hub
TikTok Indonesia hadirkan konten khusus Ramadhan melalui Ramadan Hub, di Jakarta, Selasa (12/3). (Tirto.id/Shofiatunnisa Azizah)

tirto.id - TikTok Indonesia kembali menghadirkan fitur baru dalam platform video pendeknya. Berbekal banyaknya pengguna yang menghabiskan waktu di TikTok, fitur konten khusus Ramadan diluncurkan.

“Ramadan itu bukan cuma momen spesial bagi umat muslim di Indonesia, tapi juga bagi komunitas kami di Indonesia juga,” kata Senior Manager PR & Communications TikTok Indonesia, Edwin Lengkei, dalam Ngabuburit TikTok Indonesia, di Jakarta, Rabu (12/3).

Edwin mengatakan, TikTok Indonesia telah melakukan studi yang menunjukkan tingginya angka partisipasi komunitas dalam TikTok Indonesia. Hampir 1 juta video diunggah di TikTok selama Ramadan tahun lalu.

“Pengguna kami juga menghabiskan waktu lebih banyak di platform kami dibandingkan pengguna di platform lain. Terlihat ya, ternyata tingginya partisipasi komunitas di TikTok itu mencerminkan beragam konten yang hadir di platform kami,” terangnya.

Berbekal ramainya pengguna dan konten TikTok selama Ramadan, TikTok Indonesia merilis fitur bernama Ramadan Hub pada tahun ini. Meskipun telah mulai berjalan pada Februari lalu, Edwin mengatakan akses fitur ini berlanjut sampai Ramadan ini.

Ramadan Hub dapat diakses dengan menambahkan kata kunci ‘Ramadan’ atau tagar #RamadandiTikTok pada kolom pencarian. Fitur ini juga dapat langsung diakses dengan klik “Kunjungi Ramadan Hub”.

Melalui Ramadan Hub, TikTok Indonesia menghadirkan dua fitur teranyar yang disebut dengan SABAR, singkatan dari Sahabat Bulan Ramadan, dan serial drama dalam format vertikal.

SABAR merupakan program kolaborasi TikTok Indonesia bersama beberapa kreator inspiratif TikTok. Para kreator dikurasi dengan berbagai kriteria yang memastikan mereka tidak hanya berkapasitas untuk masuk dalam konten Ramadan Hub, tetapi juga menjadi sosok sahabat.

“Kreator-kreator di sini yang jadi sumber inspirasi kami gandeng, kami jadikan mereka sebagai sosok sahabat,” ujar Edwin.

Kemudian, kreator SABAR akan ditugaskan untuk membuat konten selama sebulan penuh. Edwin menyebut, misi ini ditujukan untuk memberikan hiburan selama Ramadan bagi pengguna.

“Jadi teman-teman SABAR di sini nantinya akan ditugaskan untuk membuat konten selama satu bulan penuh. Jadi TikTok enggak cuma inspirasi, tapi juga hiburan sebulan penuh dari para kreator kami yang luar biasa,” ungkapnya.

Sementara itu, kebaruan selanjutnya adalah serial drama hasil kolaborasi dengan publisher dan kreator lokal. TikTok Indonesia telah memperbaharui durasi video pendeknya menjadi 10 menit untuk memungkinkan pengguna menonton lebih lama.

Kebaruan ini diikuti dengan kesempatan bagi kreator, maupun publisher, menciptakan video pendek dengan durasi lebih. Sebabnya, TikTok juga menggandeng publisher untuk menciptakan serial drama dalam format vertikal, seperti Anatmants Films dengan Long Distance Ramadan.

“Komunitas kami di Indonesia senang dengan konten yang lebih panjang dan konten dengan format seperti serial Ramadan. Maka dari itu, kami ajak kreator, kami ajak publisher, untuk menghadirkan konten menghibur dan menginspirasi,” pungkas Edwin.

Baca juga artikel terkait RAMADAN atau tulisan lainnya dari Tirto Creative Lab

tirto.id - Teknologi
Penulis: Tirto Creative Lab
Editor: Tirto Creative Lab