They Shall Not Grow Old: Film Dokumenter Soal Perang Dunia I

Oleh: Sirojul Khafid - 16 Desember 2018
Dibaca Normal 1 menit
“They Shall Not Grow Old” adalah sebuah film dokumenter yang menceritakan bagaiman kisah perjuangan para tentara saat Perang Dunia I.
tirto.id - Trailer film dokumenter “They Shall Not Grow Old” telah dirilis pada Selasa 20 November 2018 lalu. Sejak diunggah ke akun youtube Warner Bros. Picture, trailer tersebut sudah tayang lebih dari dua juta kali. Warner Bros. Picture bekerja sama dengan Fathom Event dalam penayangannya.

“They Shall Not Grow Old” menampilkan peristiwa Perang Dunia I yang menyedihkan. Berfokus pada prajurit yang luar biasa pada perang tersebut, film tersebut menggunakan rekaman film yang diambil saat kejadian berlangsung.

Potongan-potongan video tersebut belum pernah ditayangkan sebelumnya. Dengan memanfaatkan restorasi, pewarnaan, dan teknologi 3D, serta mengambil arsip 600 jam wawancara oleh BBC, Peter Jackson sebagai sutradara mengedepankan pengalaman yang sangat mencengkeram, mendalam dan otentik melalui mata dan suara para tentara Inggris yang menjalaninya.

Jackson merekam pengantar khusus untuk film yang menawarkan perspektifnya, tentang mengapa film itu penting bagi penonton, yang tidak pernah mengalami Perang Dunia I sebagai sesuatu yang kasar, hitam putih, dan sunyi.

Jackson membuka jendela ke masa lalu dengan cara yang belum pernah dilihat atau didengar sebelumnya, "Pemulihan adalah proses memanusiakan."

Dalam trailer, terlihat siluet para prajurit berbaris membawa senjata. Di kesempatan lain, terlihat tank yang sedang menyeberangi parit. Ada pula rekaman prajurit latihan menembak, duduk istirahat, bersenda gurau dengan para prajurit lain, sampai bernyanyi bersama dengan seruling dan ukulele.

Penggambaran awal trailer memberikan kesan persaudaraan antar sesama prajurit yang membahagiakan.

Perasaan berbeda saat melihat setengah akhir trailer, walaupun tetap memberikan kesan persaudaraan antar prajurit, rekaman prajurit yang membantu temannya terluka, menandu prajurit yang terkulai lemah sampai penguburan prajurit memberikan efek haru sembari menyentil otak, “bagaimana misal saya yang berada pada posisi itu?”

Film ini disajikan dalam 2D dan RealD 3D. Dalam situs Rotten Tomatoes, dari 235 orang yang memberikan tanggapan, sebanyak 97 persen ingin menonton film ini.

Film yang perlu kita tonton ini akan memberikan gambaran perang besar yang berpengaruh pada tatanan dunia. Bagi para pelaku sejarah perang ini, mereka tidak akan hidup dalam diam dan hitam putih dunia.

They Shall Not Grow Old rencananya hanya akan tayang 2 kali yaitu pada 17 dan 27 Desember di Amerika Serikat.




Baca juga artikel terkait FILM DOKUMENTER atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)

Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yandri Daniel Damaledo
DarkLight