TGB Akui Istrinya Pernah Dikaitkan dengan Luhut, Trimedya, Panbers

Oleh: Muhammad Akbar Wijaya - 13 Juli 2018
Wikipedia Indonesia menganggap pencantuman informasi istri TGB sebagai saudara Luhut sebagai bentuk vandalisme.
tirto.id - Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) TGH Zainul Majdi alias Tuan Guru Bajang (TGB) membantah istrinya bersaudara dengan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan sebagaimana sempat tertulis di laman Wikipedia. Menurutnya bukan baru kali ini saja nama istrinya yang bermarga Panjaitan dikaitkan dengan sejumlah pesohor di Indonesia.

“Istri saya memang bermarga Panjaitan, kadang ditanyain juga ada hubungan saudara enggak sama Pak Trimedya Panjaitan kali yang lain sama Panbers yang grup musik itu. Sekarang dengan Pak Luhut. Hehehehe...,” kata TGB kepada Tirto, Jumat (13/7).

Istri TGB bernama Erica L Panjaitan. Namun TGB tidak tahu siapa pihak yang mencantumkan informasi bahwa istrinya memiliki hubungan saudara dengan Luhut Binsar Panjaitan. Yang jelas informasi itu kini sudah tidak lagi tercantum di laman Wikipedia.

“Sekarang sudah dikoreksi kembali,” katanya.

“Intinya info itu tidak benar.”

TGB mengajak masyarakat membersihkan ruang publik dari hoax. Ia mengingatkan jangan gunakan sentimen primordial secara berlebihan dan bangun keadaban publik yang baik. “Kita semua bersaudara dalam satu bangsa,” ujarnya.

Klarifikasi Wikipedia

Wikipedia mengakui pernah terjadi penyuntingan informasi pribadi TGB. “Benar bahwa kedua artikel tersebut (Muhammad Zainul Majdi dan Luhut Binsar Panjaitan) pernah disunting oleh salah satu pengguna Wikipedia yang menyatakan mereka memiliki hubungan kekerabatan,” tulis admin Wikipedia Indonesia di akun Twitter mereka @idwiki.

Wikipedia menganggap pencatuman informasi istri TGB sebagai saudara Luhut sebagai bentuk vandalisme. “Sesungguhnya ini adalah salah satu contoh vandalisme yang terjadi di Wikipedia, dan biasanya akan ditanggapi oleh kontributor Wikipedia dengan cara memperbaiki artikelnya,” tulis admin.

Wikipedia menyatakan suntingan tersebut sudah dikembalikan oleh kontributor lainnya dengan alasan tidak ada referensi dari sumber terpercaya.

Baca juga artikel terkait TGB atau tulisan menarik lainnya Muhammad Akbar Wijaya
(tirto.id - Politik)


Penulis: Muhammad Akbar Wijaya
Editor: Muhammad Akbar Wijaya