Tewasnya Suporter Sepakbola, Menpora: Pemerintah Tak Tinggal Diam

Oleh: Mohammad Bernie - 24 September 2018
Seorang suporter sepakbola tewas usai dikeroyok sebelum laga Persib kontra Persija dimulai.
tirto.id - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi berjanji bahwa hari ini akan meminta keterangan lengkap dari semua pihak mengenai tewasnya pendukung sepakbola di Bandung kemarin (23/9/18) sore.

Dalam cuitan di akun Twitter pada Senin (24/9/18) pukul 01.18 WIB, Imam juga mengatakan pemerintah tak akan tinggal diam soal kasus tersebut.

"Pagi ini juga saya akan meminta keterangan lengkap dari semua pihak. Pemerintah tak akan tinggal diam jika ada anak muda terus jadi korban hanya karena sepakbola. -IN.," tulisan Imam dengan atribusi "IN" di belakangnya.

Seorang pemuda bernama Haringga Sirla, 23 tahun, asal Cengkareng, Jakarta Barat, meninggal dunia di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GLBA), Gedebage, Bandung, Minggu (23/9/2018) pukul 13.00. Ia meninggal sebelum laga Persib melawan Persija dimulai.

Berdasarkan keterangan tertulis dari piket siaga Reskrim Polrestabes Bandung yang dipimpin Wakasat Reskrim Kompol Adma, korban meninggal setelah dikeroyok segerombolan orang.

Menurut keterangan suporter yang ada di sekitar lokasi, sebelum pengeroyokan, korban diteriaki oleh sekelompok orang. Mereka menyebutnya sebagai The Jak Mania—sebutan bagi pendukung Persija sehingga terjadi kejar-kejaran.

Korban sempat meminta tolong tukang bakso, namun tak berhasil menyelamatkan diri.

"Kerumunan mengeroyok korban dengan menggunakan balok kayu, piring, botol, dan benda-benda lainnya sehingga korban meninggal dunia," demikian bunyi laporan.

Polisi mengetahui kejadian setelah menganalisa video pengeroyokan yang direkam salah satu suporter. Di sana ciri-ciri tersangka diidentifikasi. Kemudian penyisiran dilakukan. Enam orang yang diduga tersangka dan satu orang saksi kunci diamankan.

Jenazah Haringga yang sudah tak bernyawa dikirim ke RS Sartika Asih untuk dilakukan otopsi.


Baca juga artikel terkait KERUSUHAN SUPORTER atau tulisan menarik lainnya Mohammad Bernie
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Mohammad Bernie
Penulis: Mohammad Bernie
Editor: Yantina Debora