Terkendala Administrasi, Nasib Ezra Walian di Timnas U-23 Tak Pasti

Oleh: Hendi Abdurahman - 21 Maret 2019
Ezra Walian masih menunggu keputusan FIFA untuk dapat bergabung bersama Timnas Indonesia U-23 di babak kualifikasi Piala Asia U-23 2020.
tirto.id - Penyerang Timnas Indonesia U-23, Ezra Walian belum dipastikan bisa bergabung bersama skuat asuhan Indra Sjafri di ajang kualifikasi Piala Asia U-23 2020. Hal tersebut dikarenakan administrasi pemain asal klub RKC Waalwijk itu bermasalah.

“Saat match coordination meeting, mendaftarkan 22 pemain dulu karena Ezra masih belum diterima pendaftarannya oleh AFC. Hal ini karena Ezra pernah bermain di kualifikasi UEFA U-17 bersama Belanda pada 2013 lalu. Oleh karena itu sekarang posisi menunggu info dari FIFA apakah membolehkan Ezra main atau tidak,” sebut media officer Timnas Indonesia U-23, Bandung Saputra.

Terkait permasalahan tersebut, AFC pun memberikan deadline untuk mendaftarkan 23 pemain Timnas Indonesia 6 jam sebelum kick-off. Dengan begitu, kini Garuda Muda hanya tinggal menyisakan satu slot pemain yang akan berjuang di laga kualifikasi Piala Asia U-23.

“AFC baru kasih tahu hal ini dua hari lalu kepada kami. Untuk itu, AFC kasih waktu deadline 23 pemain Indonesia saat H-6 jam sebelum kick-off,” tambahnya.

Diperkirakan Ezra Walian menjadi satu di antara tiga penyerang yang akan didaftarkan oleh Timnas Indonesia U-23 selain Marinus Wanewar dan Dimas Drajad. Pada uji coba terakhir saat bersua Bali United, Ezra berhasil mencetak satu gol dan ikut berkontribusi atas kemenangan dengan skor 3-0.

Sembari menunggu keputusan tersebut, Timnas Indonesia terus melakukan persiapan jelang laga perdana melawan Thailand, Jumat (22/3/2019). Selama di Vietnam, tim pelatih yang dipimpin Indra Sjafri terus mematangkan taktik dan strategi.

Kendati Thailand merupakan salah satu tim kuat di kawasan Asia Tenggara, Garuda Muda tetap membidik kemenangan. Pasalnya, raihan tiga poin di laga perdana bisa membuat semangat dan kepercayaan diri seluruh skuat meningkat untuk menjalani laga kedua melawan tuan rumah Vietnam.


Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA ASIA U-23 atau tulisan menarik lainnya Hendi Abdurahman
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Hendi Abdurahman
Editor: Fitra Firdaus