Telkom Tingkatkan Jaringan Selama Pernikahan Kahiyang-Bobby

Penulis: Yandri Daniel Damaledo, tirto.id - 22 Nov 2017 14:14 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Peningkatan jaringan yang dilakukan Telkomgrup bertujuan untuk mengantisipasi lonjakan trafik telekomunikasi selama pernikahan Kahiyang-Bobby di Medan.
tirto.id - TelkomGrup menyatakan siap mendukung fasilitas teknologi informasi selama pernikahan Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu. Hal tersebut dilakukan untuk mengantisipasi tingginya trafik telekomunikasi saat perhelatan berlangsung.

General Manager Wilayah Telekomuniaksi Medan Telkom Divisi Regional 1 Sumatera M Sibli di Medan, Rabu (22/11/2017), mengatakan, pihaknya memperkirakan kunjungan masyarakat berkisar 10 hngga 15 ribu pada kegiatan "Ngunduh Mantu" tersebut.

Keberadaan warga yang cukup ramai di sekitar lokasi pernikahan puteri Presiden Joko Widodo tersebut diperkirakan akan menyebabkan meningkatnya trafik telekomunikasi.


Dua provider yakni Telkom dan Telkomsel melakukan antisipasi dengan meningkatkan kapasitas jaringan serta menyediakan berbagai perangkat telekomunikasi guna memperlancar komunikasi masyarakat dalam kegiatan tersebut.

Untuk mendukung kelancaran kalangan pers di media centre, Telkom menyiapkan fasilitas Astinet hingga 300 Mega Byte Per Second (Mbps), SNG dan internet hingga mencapai 40 Mbps di sekitar lokasi pernikahan, serta enam akses Wifi.id di sejumlah tenda dalam pernikahan tersebut.

Kemudian, Telkom juga menyiapkan layanan kamera pengawas sebanyak 15 titik yang terkoneksi ke posko Hubdam Kodam I Bukit Barisan, termasuk fasilitas Indihome dengan kapasitas besar.

Fasilitas kamera pengawas tersebut juga disiapkan di posko Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dan Badan Intelijen Negara (BIN) yang ada di lokasi pernikahan puteri Presiden Joko Widodo tersebut.

General Manager ICT Operation Regional Sumbagut Telkomsel Yogi Rizkian Bahar mengatakan, pihaknya mencatat besarnya antusiasme masyarakat terhadap pernikahan Bobby Afif Nasution dan Kahiyang Ayu.

Besarnya perhatian masyarakat tersebut dapat terlihat dari hasil pemantauan trafik telekomunikasi di sekitar lokasi pernikahan di Komplek Bukit Hijau Regency yang mengalami peningkatan sekitar 20 persen.

Pihaknya memperkirakan peningkatan trafik komunikasi itu akan semakin tinggi pada Minggu (26/11/2017) yang merupakan puncak kegiatan Ngunduh Mantu tersebut.


Telkomsel akan mengupgrade kapasitas layanan telekomunkasi mulai dari Bandara Kualanamu, hotel yang menjadi lokasi menginap tamu undangan, rute yang akan ditempuh, hingga sekitar lokasi pernikahan.

Ia telah mengetahui jumlah tamu yang akan datang dan lokasi menginap, termasuk dari kelompok relawan Jokowi yang diperkirakan sekitar 3.000 orang.

Selain mendukung kelancaran komunikasi selama pernikahan berlangsung, pihaknya berharap kesiapan Telkom dan Telkomsel tersebut dapat menjaga nama Kota Medan dalam kegiatan itu.
"Kita dari Telkom dan Telkomsel sudah siap 100 persen," ujar Yogi.

Baca juga artikel terkait PERNIKAHAN KAHIYANG AYU atau tulisan menarik lainnya Yandri Daniel Damaledo
(tirto.id - Sosial Budaya)

Sumber: antara
Penulis: Yandri Daniel Damaledo
Editor: Yandri Daniel Damaledo

DarkLight