tirto.id - Sejak Selasa (5/9/2017) kemarin, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengumumkan mengenai pembukaan lowongan CPNS 2017. Tersedia 2.880 formasi bagi para pelamar yang ingin menjadi PNS di Kemenkeu. Lowongan ini terbuka baik bagi lulusan S2, S1, maupun D3.
Informasi tentang pembukaan lowongan CPNS ini tertuang dalam Surat Pengumuman Nomor PENG-03/PANREK/2017 tentang Rekrutmen Calon Pegawai Negeri Sipil di Lingkungan Kementerian Keuangan Tahun Anggaran 2017
Dikutip dari surat pengumuman itu, pendaftaran dilaksanakan secara online melalui laman: http://sscn.bkn.go.id/ mulai tanggal 11-25 September 2017 dengan menggunakan Nomor lnduk Kepegawaian (NIK) pada KTP atau pada Kartu Keluarga (KK) dan Nomor KK / NIK Kepala Keluarga.
Setelahnya, pendaftar akan memperoleh notifikasi untuk melakukan aktivasi melalui email dari portal nasional. Pelamar harus segera melakukan aktivasi dan melakukan pendaftaran online di website: http://rekrutmen.kemenkeu.go .id minimal 24 jam setelah aktivasi dilakukan pada periode 11-25 September 2017 tersebut.
Peserta nantinya diminta untuk mengunggah berkas dalam format PDF dengan ukuran masing-masing 300 kB. Adapun berkas yang dimaksud berupa: hasil scan Ijazah dan Transkrip Nilai.
Sementara itu, selain dua file di atas, khusus untuk pelamar Putra/Putri Papua dan Papua Barat wajib untuk menyertakan pula file berupa: hasil scan ijazah SD, SMP/SLTP, dan SMU/SLTA atau Surat Akta Kelahiran pelamar, Fotokopi KTP ayah kandung, dan surat keterangan hubungan keluarga dari kelurahan/kepala desa.
Pelamar yang telah melakukan pendaftaran secara online diharuskan untuk mengunduh (download)dan mencetak Tanda Bukti Pendaftaran yang telah disediakan melalui laman http://rekrutmen.kemenkeu.go .id.
Nantinya, peserta yang telah melakukan pendaftaran online akan diminta untuk mengambil Tanda Peserta Ujian (TPU) pada 9-20 Oktober 2017 sesuai lokasi seleksi yang ditentukan. Peserta wajib membawa dokumen asli Ijazah dan Transkrip Nilai.
Sementara itu, khusus untuk pelamar Putra/Putri Papua dan Papua Barat –selain Ijazah dan Transkrip Nilai–wajib pula membawa dokumen asli ljazah SD, SMP/SLTP, dan SMU/SLTA atau Surat Keterangan Keturunan Papua dari Kelurahan.
Diingatkan, peserta harus membawa lengkap dokumen-dokumen asli di atas saat mengambil TPU. Jika tidak, peserta tidak berhakuntuk mendapatkan TPU dan melaksanakan ujian.
Pelamar dapat melihat pengumuman pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi pada tanggal 3Oktober2017 melalui portal Kementerian Keuangan http://rekrutmen.kemenkeu.go.id.
Setelah lolos seleksi administrasi, peserta akan menjalani Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) menggunakan ComputerAssistedTest(CAT) yang diagendakan pada 9-20 Oktober 2017.
Lokasi pelaksanaan seleksi CPNS Kemenkeu tahun ini diselenggarakan di enam kota yakni Medan, Jakarta, Yogyakarta, Balikpapan, Makassar, dan Jayapura.
Berikut ini keterangan mengenai jadwal pendaftaran hingga tahapan seleksi akhir lowongan CPNS 2017 di Kemenkeu:
1. Pengumuman : 5 - 19 September 2017
2. Pendaftaran Online dan Upload Dokumen : 11 - 25 September 2017
3. Pengumuman Lulus Seleksi Administrasi : 3 Oktober 2017
4. Pengambilan Tanda Peserta Ujian (TPU) dan Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) : 9 - 20 Oktober 2017
5. Pengumuman Hasil SKD : 26 Oktober 2017
6. Pelaksanaan Psikotes : 30 Oktober 2017 - 3 November 2017
7. Pengumuman Hasil Psikotes : 7 November 2017
8. Pelaksanaan Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Wawancara : 9 - 17 November 2017
9. Pengumuman Hasil Tes Kesehatan dan Kebugaran serta Wawancara: 28 November 2017
10. Pemberkasan Online : 4 - 7 Desember 2017
11. Pemberkasan Fisik : 11 - 14 Desember 2017.
Pelayanan dan penjelasan informasi terkait pelaksanaan seleksi CPNS Kemenkeu 2017 dapat menghubungi Call Center dan media sosial resmi sebagai berikut:
Telepon (021) 3506055 pada hari Senin s.d. Jum'at pukul 08.00 s.d. 16.00WIB; SMS atau WA: 085772292017 (hanya melayani SMS dan WhatsApp Chat), Facebook/Twitter :@KemenkeuRI
Baca juga: Kementerian Keuangan Buka 2.880 Lowongan CPNS 2017
Penulis: Yuliana Ratnasari
Editor: Yuliana Ratnasari