Takefusa Kubo vs Hiroki Abe, 2 Pemuda Jepang di Tim Raksasa La Liga

Oleh: Permadi Suntama - 12 Juli 2019
Dibaca Normal 1 menit
Takefusa Kubo dan Hiroki Abe sama-sama akan tampil di Segunda Division. Kubo bakal berlaga di Real Madrid Castilla, sedangkan Abe di Barcelona B.
tirto.id - Hiroki Abe resmi dilepas Kashima Antlers ke Barcelona pada Jumat (12/7/2019). Pemain berusia 20 tahun itu menyusul wonderkid Jepang lainnya, Takefusa Kubo, yang pindah dari FC Tokyo ke Real Madrid. Abe dan Kubo sama-sama bakal tampil untuk tim B dari dua klub raksasa Liga Spanyol tersebut.

Kubo akan bermain untuk Real Madrid Castilla sedangkan Abe bersama Barcelona B. Keduanya berpotensi saling bertemu mengingat Castilla dan Barcelona B sama-sama berkompetisi di Segunda Division B atau Divisi Dua Liga Spanyol, satu tingkat di bawah Primera Division.

Sebelum memperkuat 2 raksasa Spanyol, Takefusa Kubo dan Hiroki Abe, sudah saling berhadapan di Liga Jepang (J1 League), saat FC Tokyo menumbangkan Kashima Antlers 3-1 pada pekan ke-7 J1 League. Keduanya pun sama-sama bermain sebagai pemain pengganti di babak kedua.

Sepanjang musim 2019, Hiroki Abe, tercatat 14 kali tampil untuk Kashima, baik sebagai starter maupun pengganti. Pemain berusia 20 tahun itu sudah mengoleksi 1 gol untuk Kashima dan baru mengoleksi 1 kartu kuning.

Sementara Takefusa Kubo, kendati baru bermain 13 kali atau 1 laga di bawah Abe. Pemain yang masih berusia 18 tahun itu sudah menyumbang 4 gol untuk FC Tokyo di J1 Leagua 2019.

Namun, secara pengalaman di Liga Champions Asia, Abe lebih unggul karena sudah mencatat 7 penampilan bersama Kashima musim ini. Total, Abe sudah mencatat 16 penampilan di turnamen antarklub terbesar di benua Asia itu dan mencetak 1 gol.

Selain itu, Hiroki Abe, juga sudah merasakan panasnya persaingan menghadapi klub papan atas dunia karena tampil di Piala Dunia antarKlub 2018 dan tercatat 3 kali bermain bersama Kashima dan mencetak 1 gol.



Di lain sisi, Takefusa Kubo, belum pernah merasakan turnamen klub lintas negara, seperti Liga Champions Asia atau Piala Dunia antarKlub. FC Tokyo, klub Kubo, selalu gagal finis di 3 besar klasemen akhir J1 League, termasuk musim lalu kendati sempat memimpin paruh musim.

Sementara di level timnas Hiroki Abe, mencatat 3 caps untuk tim senior Jepang. Ketiganya terjadi dalam gelaran Copa America 2019 di Brasil. Di ajang yang sama, Kubo juga tercatat memiliki penampilan yang sama dengan Abe, yakni 3 kali. Namun, itu tidak terlepas dari keputusan Samurai Biru menurunkan pemain muda di laga tersebut.

Namun, Kubo lebih dulu membuat debut bersama tim senior Jepang dibandingkan dengan Abe. Debut Takefusa Kubo dicatat dalam pertandingan persahabatan antara Jepang vs El Salvador. Kubo masuk menggantikan Takumi Minamino, dan bermain selama 23 menit.

Baca juga artikel terkait BURSA TRANSFER atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Reporter: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Fitra Firdaus