Jadwal Timnas Indonesia U23

Syarat Timnas Lolos AFC U23 & Daftar Pemain vs Australia Leg 2

Oleh: Beni Jo - 29 Oktober 2021
Dibaca Normal 2 menit
Apa syarat Timnas U23 lolos ke Piala Asia? Berikut daftar pemain Timnas Indonesia vs Australia leg 2 kualifikasi AFC U23, prediksi susunan pemain, formasi.
tirto.id - Daftar pemain Timnas Indonesia U23 vs Australia dalam babak kualifikasi Piala Asia U23 2022 Grup pada Jumat (29/10/2021) malam hari ini pukul 19.00 WIB tidak berubah dibandingkan pada pertemuan pertama lalu.

Apa prediksi formasi yang diturunkan pelatih Shin Tae-yong dalam laga di Republican Central Stadium, Dushanbe, Tajikistan yang tayang live SCTV ini?

Sebenarnya Indonesia dan Australia bertarung dengan format grup di babak kualifikasi AFC U23 Asian Cup 2022. Namun, karena Brunei Darussalam dan Cina mengundurkan diri, yang tersisa hanyalah 2 tim tersebut. Otomatis, yang terjadi adalah pertemuan yang mirip dengan leg 1 dan leg 2 babak sistem gugur.

Indonesia U23 dalam kondisi tertinggal atas Australia dengan agregat sementara 2-3. Namun, jika mampu menang 2-0 atau lebih dalam pertandingan nanti malam, Garuda Muda akan mendapatkan tiket lolos ke putaran final Piala Asia U23 2022.

Taufik Hidayat, salah satu pencetak gol ke gawang Australia U23, mengaku Garuda Muda siap untuk bekerja keras dalam laga kedua. Ia menyiratkan bahwa ketajaman Timnas Indonesia U23 di depan gawang lawan layak diperbaiki.

"Hasil menurut kami tentu kecewa karena kalah. Apalagi tadi kami juga mendapatkan sejumlah momen dan peluang untuk mencetak gol. Pada pertandingan leg kedua nanti kami harus lebih kerja keras lagi agar mendapatkan kemenangan dan lolos ke Piala AFC U-23 2022," papar Taufik, dikutip situs web resmi PSSI.

"Saat ini kami sudah mengerti bagaimana permainan Australia. Peluang lolos masih ada, kami akan lebih kerja keras lagi di leg kedua. Selain itu, meminta doa dari masyarakat Indonesia agar kami meraih kemenangan setidaknya dengan selisih dua gol," sambung pemain asal Persija ini.


Syarat Timnas Indonesia Lolos ke Piala Asia U23


Berdasarkan regulasi AFC untuk kualifikasi Piala Asia U23 2022, penentuan sebuah tim lolos atau tidak dari fase grup dihitung berdasarkan perbedaan jumlah angka.

Jika ada 2 tim yang memiliki poin yang sama, maka yang menjadi pembeda adalah jumlah memasukkan dan kemasukan ketika kedua tim tersebut berhadapan.

Oleh karenanya, andai Timnas Indonesia hanya menang 1-0 atau selisih satu gol dalam pertarungan kedua ini, laga akan berlanjut ke adu penalti. Aturan gol kandang dan tandang tidak berlaku.

Kasus berbeda jika Timnas Indonesia U23 menang 2-0 atau lebih. Selisih gol Garuda Muda akan menjadi +1, sedangkan Australia jadi -1. Maka, yang berhak lolos ke putaran final adalah pasukan Shin Tae Yong.

Berikut ini klasemen sementara Grup G Kualifikasi Piala Asia U23 2022.


No. Tim Main Menang SG Poin
1 Australia 1 1 +1 3
2 Indonesia 1 0 −1 0

Daftar Pemain Timnas Indonesia U23 vs Australia


Berikut ini daftar pemain Timnas Indonesia U23 vs Australia di Kualifikasi Piala Asia U23 2022 beserta posisi dan nomor punggung.

Skuad Timnas U23 Indonesia


Nomor Posisi Nama
1 Kiper Ernando Ari Sutaryadi (Persebaya)
4 Bek Rizky Ridho Ramadhani (Persebaya)
8 Gelandang Witan Sulaeman (Lechia Gdansk)
10 Penyerang Ramai Rumakiek (Persipura)
11 Bek Pratama Arhan (PSIS)
13 Bek Rachmat Irianto (Persebaya)
14 Sayap Asnawi Mangkualam (Ansan Greeners)
15 Bek Alfeandra Dewangga (PSIS)
19 Penyerang Hanis Sagara Putra (Tira Persikabo)
20 Penyerang Bagus Kahfi (Utrect)
21 Penyerang Gunansar Mandowen (Persipura)
2 Bek Bayu Mohamad Fiqri (Persib)
3 Bek Komang Tri Arta Wiguna (Bali United)
5 Bek Komang Teguh Trisnanda (Borneo FC)
6 Bek SUBHAN FAJRI
7 Penyerang Marselino Ferdinan (Persebaya)
9 Penyerang Taufik Hidayat (Persija Jakarta)
12 Penyerang Ronaldo Kwateh (Madura United)
16 Bek Irsan Lestaluhu (Persipura)
17 Gelandang Eka Febri (PSIS Semarang)
18 Gelandang Mohammad Kanu (Persis)
23 Kiper Muchamad Aqil Savik (Persib)
Muhamad Riyandi (Barito Putera)
Muhammad Firli (Barito Putera)
Natanael Siringo Ringo (Kelantan FA)
Beckham Putra (Persib)
Subhan Fajri (Persiraja)
Genta Alparedo (Semen Padang)
Rabbani Tasnim Siddiq (Borneo FC)


Daftar Skuad Timnas U23 Australia

Nomor Punggung Posisi Nama
3 FW JORDAN ALAN COURTNEY-PERKINS
4 MF MARC ANTE TOKICH
5 FW JORDAN JACOB BOS
6 FW FABIAN ANDRES MONGE
7 FW LACHLAN RICKY BROOK
8 FW LUKE DUZEL
9 FW PATRICK JAMES WOOD
10 MF JACOB MICHAEL ITALIANO
11 FW ADISU TESFAY BAYEW
13 DF LEWIS MILLER
18 GK NICHOLAS ANTE DONALD SUMAN
1 GK KAI JAMES CALDERBANK - PARK
2 DF CALLUM MURRAY CHARLES TALBOT
12 GK ADAM JEREMY PAVLESIC
14 DF LUCAS ALEXANDER MAURAGIS
15 MF TARAS JAN GOMULKA
16 FW AYDAN JOHNATHAN HAMMOND
17 MF ALESSANDRO LOPANE
19 FW THYMOS NIKITAS CAROUTAS
20 MF LUKA PRSO
21 DF PATRICK YAZBEK
22 DF ZAYDAN MUNTAKA BELLO
23 DF MATTHEW ANGELO SCARCELLA


Prediksi Susunan Pemain & Formasi Timnas U23 vs Australia


Di lini depan, Shin Tae-yong selaku arsitek memasang duet Bagus Kahfi dan Hanis Saghara Putra dalam starting XI dalam leg pertama. Sama-sama tumpul pada kesempatan pertama, bukan tidak mungkin pelatih asal Korea Selatan itu bakal melakukan perombakan untuk skuad utama.

Selain Bagus Kahfi, Hanis Saghara, serta Taufik Hidayat yang siap mengisi sektor depan, stok lini serang Timnas juga masih memiliki Rabbani Tasnim Siddiq, Ronaldo Kwateh, hingga Natanael Siringo Ringo.

Formasi 3 penyerang sekaligus bisa menjadi pilihan bagi Indonesia U23 yang sedang membutuhkan minimal 2 gol ke gawang lawan tanpa kebobolan untuk bisa membalikkan keadaan.

Berikut ini prediksi susunan pemain dan formasi Timnas U23 vs Australia.

Australia U23 (4-4-2): Nicholas Suman; Jordan Courtney-Perkins, Jordan Bos, Marc Tokich, Lewis Miller; Adisu Bayew, Fabian Monge, Luke Duzel, Jacob Italiano; Lachlan Brook, Patrick Wood.

Indonesia U23 (4-3-3): Ernando Ari Sutaryadi; Asnawi Mangkualam Bahar, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan; Gunansar Papua Mandowen, Rachmat Irianto, Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman; Bagus Kahfi, Hanis Saghara Putra.


Live Streaming Leg 2 Australia vs Timnas U23 Indonesia


Duel Australia vs Timnas U23 Indonesia digeber pada Jumat (29/10/2021) malam hari nanti. Laga kick-off pukul 19.00 WIB di Republican Central Stadium Dushanbe, Tajikistan, dan dapat disaksikan melalui siaran langsung SCTV.

Live streaming laga ini melalui Vidio Premier dapat dilakukan. Untuk dapat menikmati layanan, penggemar sepak bola dapat mengaktifkan paket yang tersedia, yaitu paket 7 hari (Rp19.000), paket 30 hari (Rp29.000), atau paket 1 tahun (Rp199.000).

Link Live Streaming Australia vs Timnas U23 Indonesia

Baca juga artikel terkait KUALIFIKASI PIALA ASIA U-23 atau tulisan menarik lainnya Beni Jo
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Beni Jo
Penulis: Beni Jo
Editor: Fitra Firdaus
DarkLight