Sutradara Cilik Indonesia Raih Penghargaan Viva Film Festival 2018

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 16 September 2018
Dibaca Normal 1 menit
Andyah Cintya Laksita menjadi sutradara termuda yang masuk di festival film ini.
tirto.id - Sutradara cilik Indonesia, Andyah Cintya Laksita meraih penghargaan Special Award Viva Film Festival 2018 di Sarajevo, Bosnia-Herzegovina pada Sabtu (15/9/2018) waktu setempat. Cintya merupakan sutradara termuda dalam festival ini dan karyanya menjadi satu-satunya film Indonesia yang masuk nominasi.

Dokumenter berjudul Jamilah's Friends karya Cintya bersaing dengan 1.550 karya lain dari 110 negara. Festival film dokumenter internasional ini menjadi istimewa karena salah seorang perintisnya adalah Al Gore pejuang lingkungan dan mantan Wakil Presiden Amerika Serikat. Al Gore menjabat sebagai Presiden Kehormatan Festival.

Film Cintya mengisahkan seekor kucing terlantar bernama Jamilah yang berkeliaran di celah-celah pasar Kota Yogyakarta. Tanpa tuan yang berbagi pakan kucing-kucing itu bertahan hidup dari sisa-sisa makanan dan sampah. Mereka bisa saja kenyang tapi dengan selalu menyantap panganan asal-asalan maka cacing dan bakteri akan melekat dalam tubuh.

Seorang dokter hewan bernama Andre Lisnawan ternyata punya agenda reguler memberikan makanan layak untuk Jamilah dan kucing-kucing gelandangan lainnya. Di tengah malam yang beku Andre berkeliling sudut-sudut pasar menemui satu demi satu kucing, memastikan semuanya makan.

Kegiatan kemanusiaan Andre, direkam oleh Cintya, siswa berusia 11 tahun yang bersekolah di SD Pangudi Luhur Yogyakarta. Cintya sendiri karib dengan kucing-kucing jalanan karena sering menyelematkan dan membawa mereka pulang.

Film dokumenter berdurasi 12 menit diproduksi Orca Films Yogyakarta dan dibuat Cintya dengan didampingi mahasiswa perfilman Oktovianus Patintingan sebagai kamerawan.

Selain Viva Film Festival 2018, Jamilah's Friends juga telah terpilih sebagai karya unggulan dalam Saratov International Film Festival of Documentary Drama pada 27-30 September 2018 di Saratov, Rusia dan Festival Cine Animal Bogota yang digelar 4 Oktober-1 November 2018 di Bogota, Kolombia.

Cintya dijadwalkan tiba kembali di Indonesia dari Bosnia pada Senin 17 September pukul 18.00 WIB. “Semoga prestasi dan pencapaian Cintya mendorong anak-anak Indonesia lainnya untuk berkarya melalui media film dan berbuat nyata bagi lingkungan dan sesama mahluk,” ujar Adam Herdanto, Produser Jamilah's Friends melalui keterangan tertulis yang diterima Tirto, Minggu.



Baca juga artikel terkait PENGHARGAAN FILM atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Film)


Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Dipna Videlia Putsanra