Susi Susanti Harap Pemain Jaga Kondisi Hadapi Turnamen Eropa

Oleh: Oryza Aditama - 14 Februari 2019
Empat turnamen bulu tangkis di Eropa yang akan dimulai pada pertengahan Februari hingga Maret 2019 adalah: Spain Masters 2019, German Open 2019, All England 2019, dan Swiss Open 2019.
tirto.id - Mulai pertengahan Februari hingga Maret 2019, setidaknya ada empat turnamen Eropa yang diselenggarakan secara berurutan, yakni: Spain Masters 2019 (19-24 Februari); German Open 2019 (26 Februari - 3 Maret); All England 2019 (6-10 Maret); dan Swiss Open 2019 (12-17 Maret). Mengingat padatnya jadwal tersebut, PBSI pun mengingatkan para pemainnya agar pintar menjaga kondisi kebugaran.

"Kebutuhan latihan pemanasan bagi setiap atlet berbeda. Saya minta mereka agar melakukannya secara mandiri tanpa harus diarahkan pelatih. Begitupula untuk menjaga fisik seperti segera mengganti baju setelah latihan atau bertanding, menggunakan pakaian hangat saat tidak berlatih," terang Susi Susanti, selaku Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PBSI, sebagaimana dikutip dari Antara, Rabu (13/2/2019).

Mantan pebulu tangkis tunggal putri Indonesia yang pernah merebut medali emas Olimpiade 1992 di Barcelona, Spanyol tersebut juga menekankan agar para atlet senantiasa disiplin dalam melakukan latihan maupun peregangan. Ia juga menyoroti kondisi Eropa yang masih dalam periode musim dingin, serta berharap agar para pemainnya cepat beradaptasi dengan iklim setempat.

"Para pemain harus dispilin untuk melakukan latihan pemanasan ataupun peregangan karena perjalanan ke Eropa itu lama. Mereka juga perlu cepat beradaptasi dengan cuaca di sana," tambah Susi.

Salah satu atlet Indonesia yang bakal turun dalam rangkaian tur Eropa adalah tunggal putri Fitriani. Pemain ranking 30 dunia tersebut rencananya akan turun dalam tiga turnamen, yaitu: Spain Masters, German Open, dan All England.

Untuk mengatasi padatnya jadwal kejuaraan serta demi mempertahankan kondisi kebugarannya, pemain yang bulan lalu sempat merebut gelar juara di ajang Thailand Masters 2019 ini pun telah memiliki cara metode sendiri.

"Saya berusaha mengatasi kelelahan itu dengan menjaga pola makan, lebih tenang dan tetap fokus. Saya berusaha melawan rasa lelah itu dengan melakukan peregangan sebelum tidur, bangun tidur agar kondisi tubuh juga tenang," ujar Fitriani, seperti dilansir dari Antara.

Baca juga artikel terkait ATLET BULUTANGKIS INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Oryza Aditama
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Oryza Aditama
Editor: Agung DH