Susanna Dinnage Jadi CEO Baru Liga Inggris, Gantikan Scudamore

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 14 November 2018
Susanna Dinnage sebelumnya memulai karier di MTV dan sempat 10 tahun menjabat sebagai Presiden Global di Animal Plannet Channel.
tirto.id - Susanna Dinnage telah resmi ditetapkan sebagai CEO baru Liga Inggris, menggantikan Richard Scudamore, yang mundur setelah menjabat selama 19 tahun. Dinnage sebelumnya menjabat sebagai Presiden Global Animal Planet Channel.

"Saya antusias dengan prospek jabatan fantastis ini. Liga Inggris memiliki arti penting bagi banyak orang. Ini mewakili puncak organisasi sepak bola profesional dan peluang memimpin organisasi hebat yang dinamis dan inspiratif," ujar Dinnage seperti dikutip BBC Sport.

Naiknya Dinnage membuatnya jadi CEO ketiga Liga Inggris sepanjang sejarah (sejak era Premier League). Pasalnya, CEO sebelumnya, Scudamore menjabat sebagai pengganti Ricky Parry yang merupakan pimpinan pertama.

Dinnage sebelumnya merupakan bagian dari Animal Planet Channel sejak Januari 2009. Ia bekerja di organisasi tersebut selama 10 tahun, setelah memulai kariernya di MTV.

"Kami sangat senang menunjuk seseorang dengan kapasitas memimpin untuk melaksanakan tugas ini," ujar direktur Chelsea sekaligus pimpinan komite pemilihan CEO Liga Inggris, Bruce Buck.

Buck turut menyebut bahwa pemilihan Dinnage didasari lewat proses seleksi yang ketat. Dinnage akhirnya terpilih karena memiliki riwayat mengelola bisnis kompleks dalam era transformasi digital.

Dinnage disebutnya pula sebagai sosok pemimpin dalam industri penyiaran, yang telah terbukti mampu mengembangkan potensi orang-orang di sekitarnya. Buck optimis, bahwa CEO baru yang terpilih telah memiliki idealisme sesuai dengan visi Liga Inggris dan mampu membawa kompetisi tersebut berkembang lebih baik.

Meski demikian, Buck tidak lantas menyebut CEO sebelumnya, Ricard Scudamore tidak lebih berkompeten. Scudamore dinilainya telah memberikan komitmen dan banyak kemajuan bagi Liga Inggris.

"Richard Scudamore, membuktikan komitmen luar biasa selama [hampir] 20 tahun dan akan meninggalkan kami akhir tahun ini dengan situasi baik, dan tim eksekutif yang diharapkan tetap dapat mendukung kerja Susanna [Dinnage]," tandas Buck.

Baca juga artikel terkait LIGA INGGRIS atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - Olahraga)


Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
Dari Sejawat
Infografik Instagram