Sumpah Pemuda Jadi Momentum Jelang Indonesia vs Jepang di AFC U-19

Oleh: Herdanang Ahmad Fauzan - 28 Oktober 2018
Dibaca Normal 1 menit
Bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda, Timnas U-19 Indonesia siap tunjukkan performa maksimal pada duel kontra Jepang di 8 besar Piala AFC U-19 hari ini.
tirto.id - Bertepatannya jadwal laga Timnas U-19 Indonesia vs Jepang di 8 besar Piala AFC U-19, Minggu (28/10/2018) hari ini dengan peringatan Sumpah Pemuda bakal melecut semangat Garuda Nusantara guna memetik kemenangan. Hal ini disampaikan langsung oleh pelatih Timnas U-19 Indonesia, Indra Sjafri pada konferensi pers jelang laga.

"Fokus semangat sumpah pemuda adalah momentum. Jika dulu momentumnya adalah memerdekakan diri dari penjajah, maka sekarang momentumnya adalah untuk memerdekakan sepak bola Indonesia," tegas Indra seperti dikutip laman resmi PSSI.

Indra dan skuat Timnas U-19 Indonesia jelas bakal tampil habis-habisan. Maklum saja, pemenang laga hari ini tidak saja akan lolos ke semifinal, namun juga mendapat tiket otomatis guna tampil di Piala Dunia U-20. Bagi Indonesia, keberhasilan lolos ke Piala Dunia U-20 bakal jadi pencapaian fenomenal setelah terakhir kali melakukannya pada 1978 silam.

Indra berjanji bakal menurunkan komposisi skuat terbaik dalam duel petang nanti. Termasuk dua bintang yang sedang menyita perhatian, Egy Maulana Vikri serta Todd Rivaldo Ferre yang mengalami cedera ringan di laga terakhir kontra UEA, Rabu (24/10/2018) lalu.

Egy yang terkena cedera otot sudah kembali ke sesi latihan. Namun pada persiapan terakhir (Sabtu/27/2018) kemarin Egy diistirahatkan dari latihan lebih awal agar kebugarannya terjaga.

"Egy sengaja tidak kami porsir agar besok bisa lebih maksimal. Kami akan menurunkan pemain terbaik untuk melawan Jepang," tukas Indra.

Sementara itu, Todd Rivaldo Ferre dipastikan dalam kondisi bugar. Ia sempat mengalami memar di kakinya pada laga terakhir, namun saat ini sang pemain telah pulih. Kendati demikian, Todd lebih berpeluang jadi supersub ketimbang starter pada partai nanti, sebagaimana peran yang diembannya dalam dua pertandingan terakhir.

Duel kontra Jepang bakal jadi ujian terberat Indonesia. Pasalnya, Samurai Biru punya tren menakjubkan. Dalam tiga di babak penyisihan mereka sukses menyapu bersih kemenangan 100 persen. Tak hanya itu, mereka juga punya catatan mengesankan dalam hal rekor gol, yakni 13 kali mencetak angka serta baru tiga kali kebobolan.

Kickoff pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Jepang dijadwalkan pukul 19.00 WIB. Jika tak ada perubahan, laga ini bisa disaksikan pula lewat siaran langsung stasiun televisi nasional, RCTI.


Baca juga artikel terkait PIALA AFC U-19 2018 atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - )

Penulis: Herdanang Ahmad Fauzan
Editor: Herdanang Ahmad Fauzan
DarkLight