Suga BTS Sebagai Agust D Dominasi iTunes di Dunia Lewat Mixtape D-2

Oleh: Dipna Videlia Putsanra - 23 Mei 2020
Dibaca Normal 1 menit
Suga BTS sebagai Agust D memuncaki tangga lagu iTunes di berbagai negara lewat comeback solo D-2.
tirto.id - Suga BTS yang melakukan comeback sebagai Agust D mendominasi tangga lagu iTunes di seluruh dunia lewat mixtape D-2, demikian sebagaimana diwartakaan Soompi.

Mixtape D-2 dirilis pada 22 Mei pukul 08.00 am KST. Pada 23 Mei, mixtape telah menduduki puncak iTunes Top Albums Charts di total 80 negara dan wilayah termasuk AS, Kanada, Jerman, Spanyol, Prancis, Italia, Portugal, Swedia, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Jepang, dan Peru.

“Daechwita,” lagu utama atau title track mixtape, juga menduduki puncak tangga lagu Tunes Top Songs Charts di 50 negara dan wilayah.

Agust D juga merilis video musik untuk "Daechwita" pada 22 Mei. Kata ini adalah istilah yang merujuk pada genre musik tradisional Korea. Instrumen dan perkusi yang biasanya dimaikan saat upacara militer Korea.

Lagu ini menggabungkan Daechwita dengan beat untuk menciptakan aura unik yang menguatkan rap Agust D. Video musik dibuat dengan istana tradisional Korea sebagai latar belakang.

Suga merilis mixtape pertamanya dengan nama Agust D pada Agustus 2016, dan melakukan comeback pada 22 Mei dengan mixtape keduanya D-2. Mixtape ini memiliki total 10 lagu yang menampilkan ciri khas musik Suga.

D-2 juga menghadirkan musikus lain seperti sesama anggota BTS RM, penyanyi-penulis lagu NiiHWA, penyanyi-penulis lagu Amerika MAX, dan Nell's Kim Jong Wan.

Suga bukan satu-satunya anggota BTS yang merilis proyek solo. RM dan J-Hope juga memiliki proyek solo. Namun Suga adalah satu-satunya proyek solo yang mengadopsi alter ego.

“Saya bisa menunjukkan sisi saya yang lain kepada diri saya sendiri,” ia menjelaskan tentang kepribadian Agust D-nya.

Suga juga menjelaskan tujuan dari dibuatnya mixtape dan proyek solo Agust D ini.

"Tujuannya lebih kepada membuat musik yang saya inginkan, tidak hanya mengupayakan sesuatu yang baru," ujarnya, seperti dikutip Time.

Dalam wawancara dengan Time, Suga juga mengungkapkan alasannya memilih judul "Daechwita", menggunakan perkusi Kkwaenggwari dan memasukkan unsur Korea lainnya dalam lagu ini.

"Tema 'Daechwita' sudah ada di pikiran saya ketika saya mulai mengerjakan trek ini, saya merasakan suara 'Daechwita' yang sesungguhnya. Pikiran pertama saya adalah saya ingin merasakan musik yang diputar selama upacara menyambut Raja. Jadi secara alami, elemen Korea akhirnya menjadi komponen penting untuk trek serta video musik," kata Suga.

MV "Daechwita" dari Agust D bisa disaksikan melalui video di bawah ini.


Baca juga artikel terkait SUGA BTS atau tulisan menarik lainnya Dipna Videlia Putsanra
(tirto.id - Musik)

Penulis: Dipna Videlia Putsanra
Editor: Ibnu Azis
DarkLight