STOP PRESS! Jadi Saksi di Sidang E-KTP Hari Ini, Setnov Sibuk Acara HUT Golkar

Sudah 25 Wanita Mengaku Pernah Dilecehkan Harvey Weinstein

Sudah 25 Wanita Mengaku Pernah Dilecehkan Harvey Weinstein
Produser terkenal Hollywood, Harvey Weinstein. FOTO/REUTERS
13 Oktober, 2017 dibaca normal 3:30 menit
Sejumlah wanita mulai dari aktris, model, sutradara, jurnalis hingga perancang busana telah mengajukan tuduhan pelecehan seksual pada Harvey Weinstein.
tirto.id - Puluhan wanita telah mengajukan tuduhan serangan seksual dan pelecehan terhadap eksekutif produser film Hollywood Harvey Weinstein selama beberapa hari ini sejak The New York Times dan The New Yorker pertama kali menerbitkan laporan bombastis mereka.

Tuduhan tersebut mengisahkan pola pelecehan serupa oleh mogul film tersebut, termasuk mengundang wanita ke kamar pribadi, memohon kepada mereka untuk pijat atau untuk menontonnya melakukan masturbasi, dan bahkan memaksa mereka melakukan tindakan seks.

Inilah daftar wanita mulai dari aktris, model, sutradara, jurnalis hingga perancang busana, yang telah mengajukan tuduhan pelecehan seksual pada Harvey Weinstein sejauh ini, sebagaimana dilansir Huffington Post, Jumat (13/10/2017).

  1. Heather Graham. Dalam sebuah kolom untuk Variety, Selasa (10/10/2017), aktris Heather Graham mengatakan bahwa Harvey Weinstein pernah memanggilnya ke kantor. Weinstein menyarankan agar Graham berhubungan seks dengannya dengan imbalan peran di salah satu filmnya di awal tahun 2000-an.
  2. Gwyneth Paltrow. Ia mengatakan kepada The New York Times dirinya baru berusia 22 tahun ketika Weinstein menjadwalkan pertemuan dengannya di kamar hotel. Weinstein berusaha memijatnya dan mengundangnya ke kamar tidur, seketika itu Paltrow pergi.
  3. Romola Garai. Menggambarkan pengalaman itu sebagai "memalukan" dan "sangat problematis," Romola Garai mengatakan bahwa bos Hollywood itu pernah mengundangnya ke kamar hotel untuk audisi dan menjawab lewat pintu dengan masih memakai jubah mandi.
  4. Angelina Jolie. Ia mengatakan kepada The New York Times, pada tahun 1999 Weinstein membuat pendekatan seksual yang tidak diinginkan padanya di kamar hotel, dan ditolak Jolie.
  5. Asia Argento Laporan New Yorker berisi klaim bahwa Weinstein "secara paksa melakukan oral seks" terhadap aktris dan sutradara Asia Argento saat ia berusia 21 tahun.
  6. Rose McGowan. Artikel New York Times melaporkan, aktris Rose McGowan menerima bayaran 100.000 dolar AS dari Weinstein pada1997 setelah "sebuah episode di suatu kamar hotel selama perhelatan Sundance Film Festival."
  7. Mira Sorvino. Bekerja dengan Weinstein di beberapa film, Sorvino mengatakan kepada The New Yorker bahwa dirinya pernah secara seksual dilecehkan dalam banyak kesempatan. Pada tahun 1995, katanya, Weinstein mengejarnya dan mencoba memijatnya saat ia berada di sebuah kamar hotel bersama produser itu.
  8. Emma de Caunes. Aktris Perancis itu melaporkan bahwa Weinstein pernah memintanya ke kamar hotelnya. Weinstein keluar dari kamar mandi dalam keadaan telanjang dan dengan ereksi, kemudian mencoba membujuk Caunes untuk berhubungan seks dengannya.
  9. Rosanna Arquette. Aktris dan sutradara itu mengatakan kepada The New York Times bahwa pada tahun 1990-an Arquette menemukan Weinstein dalam jubah mandi saat diundang ke kamar hotelnya. Pria itu kemudian minta dipijat dan mencoba memaksakan tangan Arquette ke selangkangan Weinstein yang segera ditepis.
  10. Jessica Barth. Ia mengatakan kepada The New Yorker, Weinstein mengundangnya ke kamar hotel Beverly Hills untuk sebuah pertemuan bisnis di tahun 2011. Di dalam ruangan, Weinstein menuntut pijat dalam keadaan bugil di tempat tidur.
  11. Liza Campbell. Penulis Inggris itu mengatakan kepada The Sunday Times, Weinstein pernah mengundangnya ke kamar hotelnya untuk menghadiri pertemuan bisnis. Pria itu kemudian meminta Campbell untuk telanjang dan mandi bersama.
  12. Cara Delevingne Di akun Instagranya, model sekaligus aktris itu bertemu dengan Weinstein di sebuah hotel dan diundang ke kamarnya. Saat. mengantar ke pintu, Weinstein mencoba mencium bibir Delevigne.
  13. Ashley Judd. Aktris Amerika itu mengatakan kepada The New York Times bahwa Weinstein membujuknya ke kamar hotel Peninsula Beverly Hills di mana dia menemukan pria itu mengenakan jubah mandi. Weinstein kemudian bertanya apakah dia boleh memijat Judd atau setuju untuk memerhatikannya mandi.
  14. Lea Seydoux. "Kami sedang berbicara di sofa saat dia tiba-tiba melompat ke arahku dan mencoba menciumku," kata aktris Perancis itu kepada The Guardian.
  15. Louisette Geiss. Mantan aktris pada sebuah konferensi pers di Los Angeles mengatakan bahwa produser film tersebut menyerangnya pada tahun 2008. Weinstein mengundang Geiss ke kantornya, lalu masuk ke kamar mandi dan muncul dengan jubah mandi. Geiss menuturkan, Weinstein mengeluarkan penisnya, masuk ke bak mandi air panas, dan mulai melakukan masturbasi.
  16. Katherine Kendall. Aktris ini mengatakan kepada The New York Times ia mengalami pelecehan pada 1993 di apartemen Weinstein. Saat menolak ajakan pijat, Kendall berkata, Weinstein melepas jubah dan terus mengejarnya di apartemen.
  17. Judith Godrèche Aktris Perancis ini mengatakan kepada The New York Times, Weinstein mengundangnya untuk sarapan di Hotel du Cap-Eden-Roc selama Festival Film Cannes 1996. Saat di kamar, Weinstein mencoba memberinya pijatan, mengatakan bahwa itu adalah kebiasaan Amerika.
  18. DawnDunning. Mantan aktris yang kini berprofesi sebagai perancang busana ini mengatakan pernah diundang Weinstein ke sebuah hotel di Manhattan pada 2003. Dunning menuturkan, Weinstein saat itu sedang mengenakan jubah mandi. Pria itu mengatakan bahwa Dunning dapat ikut filmnya jika dia berhubungan seks dengannya.
  19. Zoe Brock. Seorang model dari Selandia Baru ini menulis dalam blog bahwa dia pernah harus mengunci dirinya di kamar mandi saat Weinstein mencoba memaksakan diri padanya.
  20. Ambra Battilana Gutierrez. The New Yorker melaporkan bahwa model Filipina-Italia itu pergi ke kantor Weinstein di Tribeca pada tahun 2015 untuk menunjukkan kepadanya portofolio. Namun, eksekutif film tersebut melompat ke arah Gutierrez, meraba payudaranya, dan mencoba mengangkat roknya.
  21. Kate Beckinsale Dalam sebuah postingan Instagram, aktris menceritakan dugaan pelecehan seksual Weinstein terhadapnya pada usia 17 tahun. Saat itu, Beckinsale disuruh pergi ke kamar hotel produser itu, namun Weinstein menyapanya dengan masih mengenakan jubah mandi dan menawarinya alkohol, sebelum memutuskan pergi.
  22. Sophie Dix. Aktris Inggris itu mengatakan kepada The Guardian bahwa Weinstein pernah mengundang ke kamarnya di hotel Savoy. "Saya ingat dia menarik celana saya dan berada di atas saya.” Dix kemudian berlari ke kamar mandi dan mengunci pintu.
  23. Florence Darel. Seorang aktris Perancis ini berbicara tentang pengalaman dengan Weinstein saat wawancara dengan petugas Prancis Le Parisien. "Dia mulai mengatakan bahwa dia menganggap saya sangat menarik dan ingin menjalin hubungan dengan saya.” Weinstein menawarkan agar saya menjadi gundiknya beberapa hari dalam setahun.
  24. Claire Forlani. Aktris Inggris ini menulis di Twitter bahwa dia berulang kali mengelak dari pendekatan seksual Weinstein saat berusia 20 tahunan. "Saya lolos lima kali," katanya. Ia mengingat dua pertemuan malam hari di Hotel Peninsula dengan Weinstein yang juga menawarkan ajakan pijat.
  25. Lauren Sivan. Jurnalis ini mengatakan kepada Huffington Post bahwa dia bertemu Weinstein di Cipriani, sebuah restoran Italia di Manhattan, pada tahun 2007. Ketika berada di area yang tertutup untuk umum, Weinstein mencoba mencium Sivan. Pria itu bahkan mengekspos dirinya pada Sivan dan mulai melakukan masturbasi.


Baca juga artikel terkait PELECEHAN SEKSUAL atau tulisan menarik lainnya Yuliana Ratnasari
(tirto.id - rat/rat)

Keyword