Sri Mulyani Sebut Ada Usulan Diskon Pulsa & Kuota Mahasiswa-Pelajar

Reporter: Vincent Fabian Thomas - 7 Apr 2020 09:46 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Menkeu Sri Mulyani mendapat usulan dari Menkominfo Johnny G Plate untuk memperhatikan nasib mahasiswa dan pelajar kala mereka terpaksa belajar dari rumah di tengah pandemi Covid-19.
tirto.id - Menteri Keuangan Sri Mulyani mendapat usulan dari Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate untuk memperhatikan nasib mahasiswa dan pelajar kala mereka terpaksa belajar dari rumah saat pandemi Corona atau Covid-19.

Usulan ini berkaitan dengan keterbatasan kuota dan pulsa pelajar-mahasiswa padahal pembelajaran dari rumah dengan metode daring atau online membutuhkan sambungan internet yang saat ini tidak gratis.

“Dari Menkominfo diusulkan karena banyak mahasiswa pelajar menghadapi masalah pulsa,” ucap Sri Mulyani dalam rapat dengar pendapat virtual bersama Komisi XI DPR RI, Senin (6/4/2020).

Sri Mulyani menyebutkan usulan ini juga didengungkan oleh pelaku industri telekomunikasi. Ia bilang mereka bersedia memberi diskon, tetapi jika mereka dibantu dengan insentif.

“Industri ini juga meminta insentif agar bisa memberi diskon pulsa bagi mahasiswa dan pelajar,” ucap Sri Mulyani.

Sri Mulyani mengutarakan hal ini saat menjawab pertanyaan Anggota DPR RI Komisi XI. Di dalam sesi tanya jawab itu, ia tengah menjelaskan mengenai progres realokasi dan perubahan fokus atau refocussing anggaran untuk menghadapi pandemi Corona.

Sejalan dengan itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan juga sempat menyoroti persoalan kuota ini. Plt Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dikti) Kemendikbud Nizam meminta kampus meringankan beban pulsa mahasiswa dan dosen menyusul pemberlakuan pembelajaran daring.

“Penghematan biaya operasional penyelenggaraan pendidikan yang diperoleh selama dilakukan pembelajaran dari rumah, diharapkan dapat digunakan membantu mahasiswa dan dosen, seperti subsidi pulsa koneksi pembelajaran daring, bantuan logistik dan Kesehatan bagi yang membutuhkan,” ucap Nizam seperti dikutip dari Antara.



Baca juga artikel terkait DAMPAK PANDEMI CORONA atau tulisan menarik lainnya Vincent Fabian Thomas
(tirto.id - Ekonomi)

Reporter: Vincent Fabian Thomas
Penulis: Vincent Fabian Thomas
Editor: Maya Saputri

DarkLight