Spotify Wrapped 2018, Fitur Favorit yang Kembali Diluncurkan

Oleh: Febriansyah - 7 Desember 2018
Spotify Wrapped akan menunjukkan lagu teratas dan artis yang sering didengarkan pengguna.
tirto.id - Aplikasi streaming musik, Spotify kembali menghadirkan fitur Spotify Wrapped pada tahun ini. Fitur ini akan memberitahu pengguna lagu dan artis yang paling didengarkan selama satu tahun.

Sebagaimana diwartakan CNBC, Spotify Wrapped bisa diakses melalui laptop, komputer, dan ponsel pengguna.
  1. Kunjungi situs web spotifywrapped.com dari ponsel atau komputer Anda.
  2. Masuk ke akun Spotify.
  3. Setelah itu, Spotify akan mulai menampilkan info tentang musik yang dimainkan pengguna pada 2018, dimulai dari lagu pertama yang pernah diputar pengguna.
  4. Geser tanda panah ke arah data statistik yang ingin dilihat. Ada sekitar 14 halaman yang berbeda.
  5. Pilih halaman artis dan lagu jika ingin melihat artis dan lagu yang paling didengarkan selama satu tahun ini.
Saat membuka Spotify Wrapped, pengguna akan disambut dengan kalimat: “Terbaik 2018 Kamu. Lihatlah gambaran kebiasaanmu mendengarkan lagu, karena tak ada orang yang mendengarkan lagu persis sepertimu.”

Selain menunjukkan artis dan lagu yang sering didengarkan, Sportify Wrapped juga akan menunjukkan statistik lainnya, seperti genre musik apa yang sering didengarkan. Hal ini bisa membatu pendengar untuk mengklasifikasi diri dalam hal genre musik.

Spotify juga akan menunjukkan berapa menit pendengar menghabiskan waktu mendegarkan musik dan lagu pertama yang didengarkan pada 2018 ini.

Spotify Wrapped akan memunculkan 100 lagu teratas yang paling didengarkan. Daftar putar ini adalah hasil rekapan yang dihitung Spotify untuk masing-masing akun pengguna selama satu tahun.

Dikutip dari CNet, aplikasi streaming musik ciptaan Daniel Ek ini juga menyediakan fitur daftar putar Tastebreakers. Fitur ini akan menyarankan pengguna untuk melihat dan mencoba mendengarkan 50 lagu yang menurut Sportify cocok untuk pengguna.

Menelusuri data statistik musik lewat Spotify Wrapped bisa jadi hal yang menyenangkan. Pengguna akan mengenang lagu-lagu yang pernah didengarkan.

Banyak pengguna yang telah menggunakan fitur ini dan membagikannya di media sosial.


Baca juga artikel terkait SPOTIFY atau tulisan menarik lainnya Febriansyah
(tirto.id - Musik)


Penulis: Febriansyah
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Dari Sejawat
Infografik Instagram