tirto.id - Pada Rabu (7/8), Spotify dan Rich Brian membuat sebuah pameran interaktif bertajuk “The Sailor Experience”. Pameran ini dibuat untuk menyambut album terbaru Brian, The Sailor. Di pameran itu, Brian juga menghadirkan film pendek berjudul Rich Brian is The Sailor garapan Sing J. Lee, sutradara yang beberapa kali menggarap proyek visual untuk Childish Gambino, Halse, hingga Muse.
“Kenapa Sailor, karena sailor, pelaut, mewakili saya sendiri dan banyak orang di luar sana,” ujar Brian.
Di acara ini, Brian bekerjasama dengan Spotify, penyedia layanan streaming musik asal Swedia yang punya sekitar 232 juta pengguna aktif bulanan. Di ruang pameran, ada foto-foto yang dipajang untuk menjelaskan tiap lagu. Di bagian bawah tiap foto, ada gambar gelombang suara, yang jika dipindai dengan aplikasi Spotify akan langsung mengarahkan pendengar ke lagu yang dituju.
Pameran interaktif ini adalah yang pertama di Asia bagi Spotify. “Dan kami sangat senang dapat melakukannya dengan Rich Brian yang penuh talenta,” kata Chee Meng Tan, Head of Artist and Label Marketing Spotify untuk kawasan Asia Tenggara.
Pameran yang berlangsung di Gudang Gambar, Jakarta Selatan ini dibuka untuk umum sejak 8 Agustus hingga 10 Agustus 2019.
Album The Sailor dirilis pada 26 Juli 2019, dan diproduseri oleh Bekon dan The Donut. Album kedua Brian setelah Amen ini juga mengundang beberapa penampil tamu, seperti Joji dan RZA. The Sailor banyak mendapat review bagus. Nathan Reese dari Pitchfork, menulis album ini menyajikan, “…beberapa musik yang mengagumkan di kariernya yang masih baru.”
Saat ini Brian punya sekitar 6,7 juta pendengar bulanan di Spotify.
Editor: Nuran Wibisono