SpaceX Luncurkan Pendarat Bulan Jepang dan Penjelajah UEA

Roket SpaceX Falcon 9 bermuatan wahana pendarat di bulan dari Jepang dan robot penjelajah dari Uni Emirat Arab, (AP Photo/John Raoux)
Muatan dari Jepang  adalah  wahana pendaratan di bulan bernama Hakuto-R yang  diproduksi oleh startup ISpace  yang berbasis di Tokyo Jepang. (AP Photo/John Raoux)
Muatan dari Uni Emirat Arab adalah robot penjelajah  seberat 10 kilogram  yang dikembangkan oleh Pusat Antariksa Mohammed Bin Rashid UEA. (AP Photo/John Raoux)
Situs pendaratan yang dituju adalah Kawah Atlas yang berada di kuadran timur laut Bulan, dekat Mare Frigoris. (AP Photo/John Raoux)
Roket SpaceX Falcon 9, dengan membawa muatan dari Jepang dan Uni Emirat Arab, lepas landas dari Launch Complex 40 di Cape Canaveral Space Force Station di Cape Canaveral Florida, pada hari Minggu 11 Desember 2022. - ASSOCIATED PRESS
Senin, 12 Desember 2022 10:58 WIB
Roket SpaceX Falcon 9, dengan membawa muatan dari Jepang dan Uni Emirat Arab, lepas landas dari Launch Complex 40 di Cape Canaveral Space Force Station di Cape Canaveral Florida, pada hari Minggu 11 Desember 2022.

Muatan dari Jepang adalah wahana pendaratan di bulan bernama Hakuto-R yang diproduksi oleh startup ISpace yang berbasis di Tokyo Jepang. Hakuto adalah eks peserta Google Lunar X-Prize (GLXP) berhadiah US$20 juta untuk kelompok swasta pertama yang mampu mendarat dan melakukan sejumlah misi di Bulan.

Hakuto-R dijadwalkan mendarat di Bulan sebelum April 2023. Rencananya Hakuto-R akan menurunkan Rashid, sebuah robot penjelajah seberat 10 kilogram yang dikembangkan oleh Pusat Antariksa Mohammed Bin Rashid UEA. Penjelah empat roda itu akan selama 14 hari meneliti menggunakan kamera resolusi tinggi.

Situs pendaratan yang dituju adalah Kawah Atlas yang berada di kuadran timur laut Bulan, dekat Mare Frigoris (Sea of Cold). - ASSOCIATED PRESS
DarkLight