Soal Prabowo Enggan Belajar Istilah Ekonomi, BPN Tak Kompak

Oleh: Haris Prabowo - 17 Februari 2019
Dibaca Normal 1 menit
Ketua BPN mengaku tidak tahu menahu soal persiapan Prabowo menjelang debat. Sementara jubir BPN mengatakan, Prabowo enggan belajar istilah ekonomi.
tirto.id - Ketua BPN Prabowo-Sandiaga, Djoko Santoso, mengaku tak tahu menahu mengenai persiapan debat yang dilakukan oleh capres 02 Prabowo Subianto. Terutama perihal keengganan Prabowo untuk belajar istilah-istilah ekonomi yang sudah ditawarkan oleh tim BPN.

"Enggak bilang sama saya. Yang saya nggak tahu, dia belajar atau nggak. Saya [sibuk] keliling, baru tadi pagi saya berangkat. Pak Prabowo nggak tahu, sudah ada koordinator [yang] nyiapin. Kan enggak mungkin saya ngajarin," kata Djoko saat ditemui di Hotel Sultan, Jakarta Minggu (17/2/2019) sore.

Sebelumnya, tim debat BPN sempat meminta Prabowo menghafal singkatan istilah-istilah ekonomi sebelum debat kedua yang membahas tema energi, pangan, sumber daya alam dan infrastruktur.



Akan tetapi, menurut Juru Bicara BPN Prabowo-Sandiaga Harryadin Mahardika, Prabowo menolak permintaan itu. Ketua Umum Gerindra tersebut meyakini Jokowi tidak akan "menjebaknya" dalam debat kedua dengan menanyakan singkatan istilah ekonomi, melainkan membahas substansi masalah.

"Mengenai persiapan materi debat, kami memaksa Prabowo untuk menghafal singkatan, karena khawatir Jokowi nanya soal singkatan lagi. Tapi Pak Prabowo menolak, karena [menganggap] Pak Jokowi sudah berubah jadi negarawan," kata Harryadin di Menteng, Jakarta, Sabtu (16/2/2019).

Namun Djoko minim memberikan komentar terkait masalah tersebut. Bahkan mengenai persiapan debat pun, ia mengaku tak tahu.

"Enggak tahu dia persiapan atau enggak. Biasa saja. Sudah biasa kok," kata Djoko.

Ia juga minim komentar dan mengaku tak tahu mengapa Sandiaga tak hadir di Hotel Sultan pada saat debat nanti. "Enggak tahu," katanya.

Namun, dari jadwal timses yang sudah tersebar, Sandiaga dijadwalkan akan melakukan nonton debat bareng di daerah Cibinong, Bogor, bersama para relawan dan masyarakat.

Debat kedua yang digelar pada MInggu (17/2) malam hanya akan menjadi arena adu gagasan capres nomor urut 01 Joko Widodo dan nomor urut 02 Prabowo Subianto. Ini berbeda dengan debat pertama, ketika para calon wakil presiden (cawapres), Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uni juga terlibat.

Debat dengan tema energi dan pangan, SDA dan lingkungan hidup, serta infrastruktur ini akan dipandu oleh Tommy Tjokro dan Anisha Dasuki sebagai moderator.


Baca juga artikel terkait DEBAT CAPRES 2019 atau tulisan menarik lainnya Haris Prabowo
(tirto.id - Politik)

Reporter: Haris Prabowo
Penulis: Haris Prabowo
Editor: Agung DH