Skuad Timnas Brasil, Daftar Pemain, & Jadwal di Copa America 2021

Kontributor: Rofi Ali Majid, tirto.id - 27 Mei 2021 11:55 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Jadwal Brasil di Copa America 2021 dimulai pada 15 Juni mendatang kontra Venezuela pukul 06.00 WIB.
tirto.id - Federasi Sepak Bola Brasil (CBF) telah merilis 24 nama pemain yang akan membela Selecao pada lanjutan kualifikasi Piala Dunia 2022. Pemain yang dipanggil sekaligus disiapkan untuk mengarungi kompetisi Copa America 2021 mulai 13 Juni 2021 di Argentina.

Untuk diketahui, saat ini Tim Samba memimpin klasemen kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Amerika Selatan. Neymar Jr dan kolega menyapu bersih 4 laga yang telah dilalui dengan kemenangan. Berikutnya, Brasil dijadwalkan menghadapi Ekuador pada Sabtu (5/6) dan Paraguay pada Rabu (9/6).

Usai laga itu, skuad besutan Adenor Leonardo Bacchi akan berkompetisi di Copa America di mana Brasil tergabung dalam Grup A bersama Kolombia, Ekuador, Peru dan Venezuela. Adapun Grup B diisi oleh Argentina, Bolivia, Chile, Paraguay dan Uruguay.

Melihat performa penggawa Brasil yang selalu menang dalam 5 laga terbaru, tampaknya Selecao jadi salah satu kandidat kuat untuk menjuarai turnamen ini. Terlebih, Brasil juga berstatus sebagai juara bertahan setelah mengalahkan Peru di partai final Copa Amerika edisi 2019.


Daftar Pemain Brasil untuk Copa America 2021

Pada kompetisi Copa America 2021, tiap tim hanya boleh mendaftarkan maksimal 23 pemain. Sehingga, lanjutan kualifikasi Piala Dunia kontra Ekuador dan Paraguay nanti akan menjadi ajang bagi Tite untuk menyeleksi nama-nama yang akan dibawa ke Copa America.

Dalam rilis terbaru mengenai pemanggilan 24 pemain, komposisi tim tak banyak berubah sejak terakhir kali Brasil bertanding pada November 2020 melawan Uruguay. Alisson (Liverpool), Ederson (Manchester City) dan Weverton (Palmeiras) masih jadi opsi penjaga gawang. Ederson yang menjuarai Liga Inggris dan masuk ke final Liga Champions bersama Manchester City kemungkinan akan jadi pilihan utama menggantikan Alisson.

Adapun di lini pertahanan, Dani Alves sempat masuk ke dalam daftar nama pemain yang dipanggil. Namun, baru-baru ini ia mengalami cedera sehingga Tite memanggil Emerson (Real Betis) untuk menggantikan Dani Alves. Masih di pos pertahanan, akan ada satu nama baru yang bakal debut bersama timnas Brasil yakni Lucas Verissimo.

Lucas yang berusia 25 tahun baru saja hijrah dari Santos ke Benfica dan langsung menunjukkan performa yang gemilang.

"Apa yang dibawa Lucas adalah pekerjaan besarnya di Brasil, di Libertadores, ia termotivasi untuk mendapatkan gelar. Di Benfica, ia cepat beradaptasi dengan klub. Dia adalah pemain yang memiliki teknik tinggi, yang mendominasi posisi dengan karakteristik yang baik," ungkap Tite dikutip laman resmi CBF.

"Dia adalah atlet yang kami lihat memiliki pekerjaan hebat, dengan pertumbuhan yang lebih besar, jadi kami membawanya untuk mengamati dengan cermat agar dapat membantu kami," imbuh Tite.


Skuad Sementara Brasil untuk Copa America 2021

Kiper: Alisson (Liverpool), Ederson (Manchester City), Weverton (Palmeiras).

Bek: Emerson (Real Betis), Danilo (Juventus), Alex Sandro (Juventus), Renan Lodi (Atletico Madrid), Eder Militao (Real Madrid), Lucas Verissimo (Benfica), Marquinhos (PSG), Thiago Silva (Chelsea).

Gelandang: Casemiro (Real Madrid), Douglas Luiz (Aston Villa), Everton Ribeiro (Flamengo), Fabinho (Liverpool), Fred (Manchester United), Lucas Paqueta (Olympique Lyon).

Penyerang: Everton (Benfica), Roberto Firmino (Liverpool), Gabriel Barbosa (Flamengo), Gabriel Jesus (Manchester City), Neymar (PSG), Richarlison (Everton), Vinicius Junior (Real Madrid).

Jadwal Timnas Brasil di Copa Amerika 2021

Matchday 1: Selasa, 15 Juni 2021
2021 Pukul 06.00 WIB: Brasil vs Venezuela

Matchday 2: Sabtu, 19 Juni 2021
Pukul 09.00 WIB: Peru vs Brasil

Matchday 3: Jumat, 25 Juni 2021
2021 Pukul 08.00 WIB: Kolombia vs Brasil

Matchday 4: Selasa, 29 Juni 2021
2021 Pukul 08.00 WIB: Ekuador vs Brasil


Baca juga artikel terkait COPA AMERICA 2021 atau tulisan menarik lainnya Rofi Ali Majid
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Rofi Ali Majid
Penulis: Rofi Ali Majid
Editor: Ibnu Azis

DarkLight