Skuad Indonesia di Badminton Kejuaraan Asia Beregu Campuran 2023

Kontributor: Permadi Suntama, tirto.id - 26 Jan 2023 12:45 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Berikut ini skuad Indonesia di Kejuaraan Badminton Asia Beregu Campuran 2023. Jadwal Kejuaraan Asia Beregu Campuran pada 14-19 Februari 2023.
tirto.id - Skuad tim badminton Indonesia untuk Kejuaraan Asia Beregu Campuran 2023 telah dirilis PB PBSI. Sebanyak 16 pemain bulutangkis Indonesia dari 5 kategori akan bertanding dalam turnamen yang digelar di Dubai, Uni Emirat Arab, pada 14-19 Februari 2023 tersebut.

Nama-nama seperti tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, masuk dalam daftar skuad Indonesia di Kejuaraan Asia Beregu Campuran 2023.

Mereka menjadi tumpuan utama tim badminton Indonesia untuk meraih poin di setiap laga yang dijalani. Pada edisi terakhir yang berlangsung tahun 2019, tim beregu campuran Indonesia terhenti di babak semifinal usai kalah dari Jepang dengan skor 3-0.


Dengan komposisi skuad yang lebih matang, Tim Indonesia diharapkan meraih hasil lebih baik di Kejuaraan Asia Beregu Campuran 2023. Apalagi, sektor tunggal putri yang menjadi kelemahan tim Indonesia mulai menunjukkan perbaikan, terutama dengan keberhasilan Gregoria Mariska Tunjung menembus BWF World Tour Finals 2022.

Tim Indonesia di Kejuaraan Asia Beregu Campuran 2023

Di nomor tunggal putra, Anthony Sinisuka Ginting akan menjadi salah satu andalan tim Indonesia dalam Kejuaraan Asia Beregu Campuran 2023. Pemain dengan ranking 2 BWF tersebut diharapkan memberikan penampilan terbaik saat dipercaya tampil di nomor tunggal putra.

Selain Ginting, tim tunggal putra juga membawa Chico Aura Dwi Wardoyo. Juara Singapore Open 2022 tersebut dipilih PB PBSI untuk mendampingi Anthony Ginting, alih-alih Jonatan Christie, yang masih inkonsisten.

Meskipun tidak menjadi tunggal putra utama, Chico diharapkan bisa memberi poin untuk Indonesia apabila dimainkan. Ia diprediksi memperoleh banyak kesempatan bermain saat skuad merah putih menghadapi tim yang di atas kertas berada di bawah Indonesia.

Sementara nomor ganda putra bakal diwakili oleh pasangan nomor 1 BWF Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Performa konsisten pasangan Indonesia itu diharapkan memberi garansi poin untuk skuad merah putih di Kejuaraan Asia Beregu Campuran 2023.

Selain Fajar/Rian, pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, juga dipercaya menjadi bagian tim. Meskipun baru pulih dari cedera, duet muda itu diharapkan mampu menampilkan potensi terbaiknya.

Sektor lain yang menjadi andalan Tim Indonesia untuk meraih poin adalah ganda putri. Di nomor ini, pasangan ganda putri Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti dan Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari bakal bergantian tampil.

Apriyani/Siti Fadia, yang sukses meraih sejumlah gelar di turnamen World Tour tahun 2022, akan dipasang sebagai pemain utama. Sementara Ribka/Lanny Tria juga diharapkan mampu menambah jam terbang mereka.

Untuk sektor ganda campuran, Tim Indonesia membawa pasangan Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dan Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Terakhir, di nomor tunggal putri, Indonesia mengandalkan Gregoria Mariska Tunjung. Satu pemain lain di sektor ini, Putri Kusumawardani akan menjadi tunggal putri ke-2 Tim Indonesia di Kejuaraan Asia Beregu Campuran 2023.

Skuad Indonesia di Kejuaraan Asia Beregu Campuran 2023

Berikut ini adalah daftar lengkap skuad Indonesia di Kejuaraan Asia Beregu Campuran 2023, yang digelar di Dubai, pada 14-19 Februari 2023, seperti diumumkan oleh PB PBSI.

1. Tunggal Putra

Anthony Sinisuka Ginting
Chico Aura Dwi Wardoyo

2. Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung
Putri Kusuma Wardani

3. Ganda Putra

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto
Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

4. Ganda Putri

Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti
Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari

5. Ganda Campuran

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari
Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati.

Baca juga artikel terkait BADMINTON ASIA atau tulisan menarik lainnya Permadi Suntama
(tirto.id - Olahraga)

Kontributor: Permadi Suntama
Penulis: Permadi Suntama
Editor: Addi M Idhom

DarkLight