Liga Italia Serie A

Skuad Brescia Siap Potong Gaji Gara-gara Krisis Corona di Italia

Oleh: Iswara N Raditya - 9 April 2020
Dibaca Normal 1 menit
Presiden Brescia menyebut sebagian besar pemainnya bersedia dipotong gaji sebagai dampak krisis Corona COVID-19 di Italia.
tirto.id - Pandemi virus Corona atau COVID-19 berdampak serius terhadap persepakbolaan Liga Italia, termasuk memicu krisis keuangan klub lantaran kompetisi Serie A 2019/2020 dihentikan sementara. Atas situasi ini, skuad Brescia siap potong gaji.

Sebagian besar pemain Brescia diklaim telah sepakat untuk menerima pemotongan gaji. Presiden Brescia, Massimo Cellino, melalui situs resmi klub mengatakan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi respons yang ditunjukkan oleh para pemainnya terkait hal ini.

“Sensitivitas dan tanggung jawab tinggi yang diperlihatkan para pemain, yang hampir semuanya, menyetujui dengan cepat proposal pemotongan gaji, sebagai cara untuk melindungi integritas klub pada masa sulit,” sebut Cellino, dikutip dari Antara, Kamis (9/4/2020).

Cellino juga kembali menegaskan bahwa Brescia tetap mendesak agar Liga Italia Serie A musim ini dibatalkan. Kota Brescia merupakan salah satu episentrum krisis virus COVID-19 di Italia.

“Klub akan senang untuk menghindari berlanjutnya musim untuk menghormati realitas yang menyedihkan di Brescia," kata Cellino.

Ancam Mundur dari Serie A

Sebelumnya, Cellino mengancam bahwa Brescia akan mundur jika kompetisi Liga Italia Serie A 2019/2020 tetap dilanjutkan.

"Musim ini sudah tidak masuk akal. Kami sudah berhenti dan tak satu pun tim akan kembali dalam keadaan sedia kala,” tukas Cellino dalam wawancara dengan Gazzetta dello Sport seperti dikutip Antara dari Reuters, Kamis (2/4/2020).

“Meskipun pertandingan dimainkan tanpa penonton, masih ada ancaman yang membayangi kesehatan para atlet. Untuk kembali (berkompetisi) adalah sebuah kegilaan," imbuhnya.

Hingga Serie A pekan 26 sebelum disetop sementara, Brescia masih terpuruk di dasar klasemen dengan mengumpulkan 16 poin dari 4 kali menang, 4 kali imbang, dan 18 kalah.


Mario Balotelli dan kawan-kawan setidaknya harus menambah 10 poin lagi untuk bisa lolos dari ancaman degradasi. Namun, jika nekat mundur, Brescia bakal dikenai sanksi dan dinyatakan kalah walk-out dari lawan-lawan yang seharusnya dihadapi.

"Jika mereka memaksa kami bermain, saya tidak akan menurunkan tim dan membiarkan kalah walk-out sebagai bentuk penghormatan bagi warga Brescia serta mereka yang sudah tak lagi bersama kita semua," tandas Cellino.

Baca juga artikel terkait LIGA ITALIA atau tulisan menarik lainnya Iswara N Raditya
(tirto.id - Olahraga)

Penulis: Iswara N Raditya
Editor: Agung DH
DarkLight