STOP PRESS! Setya Novanto Dijebloskan ke Rutan KPK

Skor Akhir Timnas Indonesia U-19 vs Brunei 8-0

Skor Akhir Timnas Indonesia U-19 vs Brunei 8-0
Para pemain timnas Indonesia U-19 merayakan gol Febri Eka ke gawang Filipina pada pertandingan Piala AFF U-18 di Myanmar, Kamis (7/9/2017). FOTO/Dok. PSSI
13 September, 2017 dibaca normal 2 menit
Indonesia mencetak delapan gol pada laga terakhir melawan Brunei. Kemenangan ini, membuat peluang lolos ke semifinal makin besar.
tirto.id - Hasil pertandingan Timnas U-19 Indonesia vs Brunei Darussalam pada lanjutan Piala AFF U-18 2017 Grup B berakhir dengan skor 8-0 untuk kemenangan Indonesia. Gol masing-masing dicetak oleh Muhammad Rafli Mursalim (tiga gol), Egy Vikri Maulana (dua gol), Witan Sulaeman (dua gol), dan Hanis Saghara Putra. Dengan kemenangan ini, Indonesia lolos ke semifinal Piala AFF U18 2017.

Indonesia yang membutuhkan banyak gol untuk lolos ke semifinal langsung tancap gas sejak menit awal. Hasilnya Garuda Nusantara langsung unggul berkat gol Muhammad Rafli Mursalim pada menit pertama. Aksi individunya di kotak penalti sempat dibendung bek lawan, namun bola mentah dapat direbut kembali oleh Rafli dan ditendang tepat ke arah gawang. 1-0 untuk Indonesia.

Indonesia langsung nyaris menggandakan keunggulan dua menit kemudian. Kali ini aksi individu Egy Vikri Maulana yang menyulitkan bek Brunei Darussalam. Kurang tenangnya penyelesaian akhir membuat bola hasil tendangan Egy melayang tipis di atas gawang.

Terus menekan, Indonesia baru sukses mencetak gol kedua pada menit ke-18. Aksi individu Muhammad Rafli diakhiri dengan umpan terobosan kepada Egy Vikri Maulana. Usai menerima umpan tersebut, Egy melewati bek lawan dan menceploskan bola ke sisi gawang yang tak mampu dijangkau pemain lawan. Skor 2-0.

Hanya empat menit berselang, Egy mencetak gol keduanya di pertandingan ini. Memanfaatkan umpan terobosan yang dikirim Feby Eka Putra, pemain bernomor punggung 10 itu mengecoh penjaga gawang Amirul Hakim dengan sebuah tendangan pelan ke tiang jauh. Bola meluncur deras dan skor berubah menjadi 3-0.
 
Pada menit ke-38, aksi Egy kembali menjadi ancaman bagi pertahanan Brunei Darussalam. Usai melewati bek lawan di sektor kanan pertahanan, Egy mengirim umpan ke mulut gawang yang sekaligus mengecoh penjaga gawang  Amirul Hakim. Namun Witan Sulaeman yang berdiri di depan gawang kosong tak mampu memanfaatkan umpan tersebut setelah kakinya gagal menjangkau bola.

Seolah ingin meminta maaf atas kegagalannya, Witan akhirnya sukses mencatatkan namanya di papan skor dua menit menit kemudian. Pemain yang sempat absen di dua laga awal Indonesia itu melepaskan tendangan keras dari luar kotak penalti yang berhasil membobol gawang lawan. Skor 4-0.

Satu menit berselang Indonesia mengubah papan skor menjadi 5-0. Memanfaatkan umpan Dedi Tri Maulana dari sayap kanan, Muhammad Rafli Mursalim menyundul bola ke arah gawang dan mencipta gol keduanya di pertandingan.

Belum puas, Rafli memastikan hattrick-nya satu menit kemudian. Sepakan pemain bernomor punggung sembilan itu gagal dijangkau Amirul Hakim.

Gol ketiga Rafli sekaligus menutup jalannya babak pertama. Skor 6-0 bertahan hingga wasit meniup peluit turun minum.

Pada permulaan babak kedua lini belakang Brunei Darussalam mencoba tampil lebih solid. Hasilnya, bola yang dialirkan para pemain Indonesia jarang menyentuh kotak penalti lawan. Hingga sepuluh menit awal, Indonesia lebih banyak menciptakan peluang lewat tendangan jarak jauh.

Pada menit ke-63, Garuda Nusantara akhirnya bisa masuk ke kotak penalti lawan. Aksi Individu Egy Maulana di sayap kiri dipungkasi dengan umpan cutback ke mulut gawang yang mengarah tepat kepada Muhammad Rafli. Namun penyelesaian yang kurang tenang membuat bola tendangan Rafli tak mengarah ke gawang.

Indonesia kemudian benar-benar menambah keunggulan pada menit ke-66. Memanfaatkan umpan sepak pojok, Witan Sulaeman menyundul bola ke pojok kanan gawang lawan. Bola gagal dijangkau Amirul Hakim dan berbuah gol kedua bagi Witan. Skor 7-0.

Hanya berselang satu menit, pemain pengganti Hanis Saghara menambah keunggulan Indonesia. Memanfaatkan umpan cutback Egy Maulana, Saghara yang berdiri bebas di mulut gawang menceploskan bola sekaligus mengubah skor menjadi 8-0.

Unggul delapan gol tanpa balas, skuat asuhan Indra Sjafri tetap menekan, namun hingga peluit panjang ditiup wasit tak ada gol tambahan tercipta. Skor akhir 8-0.

Baca juga artikel terkait PIALA AFF atau tulisan menarik lainnya Herdanang Ahmad Fauzan
(tirto.id - zan/agu)

Keyword