Siti Fatmah, Istri Gus Mus Tutup Usia

Oleh: Rima Suliastini - 30 Juni 2016
Siti Fatmah, istri dari Kiai Ahmad Mustofa Bisri atau yang kerap dipanggil Gus Mus menghembuskan nafas terakhirnya di RSUD dr R. Soetrasno Rembang, Jawa Tengah pada Kamis siang sekitar pukul 14.30 WIB.
tirto.id - Siti Fatmah (66), istri mantan Rois Aam PBNU Kiai Ahmad Mustofa Bisri (Gus Mus) meninggal dunia saat menjalani perawatan di RSUD dr R. Soetrasno Rembang, Jawa Tengah, Kamis siang, kata Kabid Pengembangan dan Informasi RSUD dr R. Soetrasno Rembang Giri Saputro.

"Istri Gus Mus tersebut meninggal sekitar pukul 14.30 WIB," ujarnya ketika dihubungi lewat telepon dari Kudus, Kamis.

Siti Fatmah, dikabarkan masuk ke RSUD Rembang sejak Selasa (28/6) dengan kondisi sedang sakit.

Selama di rumah sakit, ia dirawat di ruang Kartini RSUD Rembang.

Hanya saja, Giri mengaku, tidak mengetahui penyakit yang dialaminya sehingga harus menjalani perawatan di rumah sakit.

Berdasarkan informasi dari pihak keluarga, jenazah Nyai Hajah Siti Fatmah akan dimakamkan pada Jumat (1/7) siang pukul 13.30 WIB di kompleks pemakaman keluarga di wilayah Desa Kabongan Kidul, Kecamatan Rembang.

Pujianto, salah seorang warga Rembang mengungkapkan, di kediaman almarhum yang berada satu kompleks dengan Pondok Pesantren Roudlotut Thalibin di Kelurahan Leteh, Kabupaten Rembang, saat ini memang ramai pelayat.

Di antaranya, kata dia, sejumlah kerabat dekat Gus Mus, santri, dan warga setempat.

Pujianto yang berteman dengan Gus Mus di media sosial facebook menjelaskan, meninggalnya almarhum juga bisa diketahui dari status facebooknya.

Pada akun pertemanan tersebut, kata dia, Kiai Ahmad Mustofa Bisri menulis "inna lillahi wainna ilaihi rajiun". Telah wafat hari ini (30/6) pukul 14.30 WIB yang kami cintai Ibu "Fatmah Mustofa" di RSU Rembang. Mohon segala kesalahan almarhumah dimaafkan dan mohon doa semoga amal-amal baiknya diterima dan dosa-dosanya diampuni oleh Allah. Al-Fatihah.

Dari pernikahannya dengan Gus Mus, sosok perempuan kelahiran 20 Maret 1950 tersebut memiliki tujuh anak, enam putri (Ienas Tsuroiya, Kautsar Uzmut, Raudloh Quds, Raabiatul Bisriyah, Nada, Almas) dan satu putra (Muhammad Bisri Mustofa), serta enam menantu dan 13 cucu.

Baca juga artikel terkait HUMANIORA atau tulisan menarik lainnya Rima Suliastini
(tirto.id - Humaniora)

Sumber: Antara
Penulis: Rima Suliastini
Editor: Rima Suliastini
* Data diambil dari 20 top media online yang dimonitor secara live