Siswa Lolos Diterima SBMPTN 2022, Apa Bisa Daftar Seleksi Mandiri?

Penulis: Maria Ulfa - 23 Jun 2022 12:18 WIB
Dibaca Normal 2 menit
Pihak LTMPT menyebutkan bahwa mahasiswa yang sudah lolos SBMPTN 2022 tidak disarankan untuk mendaftar seleksi mandiri lagi.
tirto.id - Dalam konferensi pers Pengumuman Hasil Seleksi Jalur SBMPTN 2022 di YouTube hari ini, Kamis (23/6/2022), pihak LTMPT menjelaskan tentang apakah diperbolehkan bagi mahasiswa yang lolos SBMPTN 2022 untuk mengikuti dan mendaftar jalur seleksi mandiri?

Live streaming sendiri dilaksanakan menjelang pengumuman hasil SBMPTN 2022 yang akan dirilis pukul 15.00 WIB hari ini.

Melalui keterangan Ketua LTMPT Prof. Mochamad Ashari menyebutkan bahwa sejumlah 192.810 calon mahasiswa lolos dan diterima masuk ke Perguruan Tinggi (PTN) melalui jalur SBMPTN pada tahun ajaran 2022/2023.

Total peserta SBMPTN tahun ini adalah sejumlah 800.857 peserta dan yang diterima masuk adalah sejumlah 192.810.

Calon mahasiswa yang lolos dan diterima Saintek adalah sejumlah 88.703 dari total 359.791. Sementara Soshum 86.801 siswa diterima dari total 372.714.

Ashari juga menyebutkan bahwa mahasiswa yang sudah lolos SBMPTN 2022 tidak disarankan untuk mendaftar seleksi mandiri. Namun, itu juga tergantung dengan perguruan tinggi tujuan masing-masing peserta.

"Di program mandiri ini, sangat tergantung dari perguruan tinggi masing-masing, karena dilaksanakan oleh masing-masing. Sehingga, ada perguruan tinggi yang mensyaratkan kalau sudah lulus di SBMPTN, maka tidak diizinkan mengambil mandiri," kata Ashari dalam keterangannya.

Ia menambahkan, "Tapi, silakan dicek yang mana [perguruan tinggi], tapi rasanya hampir sebagian besar tidak mensarankan bahwa harus diterima di SBMPTN. Karena logikanya, ini persaingannya sangat-sangat ketat, yang diterima itu udah syukur alhamdulillah luar biasa."

Selain itu, Ashari juga mengatakan, menurut data statistik LTMPT, mereka memiliki data bahwa sangat kecil kemungkinan mahasiswa yang sudah diterima SBMPTN akan kembali mendaftar mandiri.

"Dari statistik juga, yang tidak daftar ulang itu kecil sekali, berbagai perguruan tinggi, kecil sekali yang tidak daftar ulang. Sehingga, saya yakin bahwa hasil dari SBMPTN ini sebagaian besar mereka akan mengambil [kelulusannya]," katanya.

"Dan di mandiri, itu tidak akan terganggu secara signifikan ya. Ya sekali lagi, policy-nya seperti itu," pungkas Ashari.


Cara Melihat Pengumuman UTBK SBMPTN 2022


Jadwal pengumuman SBMPTN gelombang 1 untuk ujian UTBK 2022 diumumkan bersamaan dengan hasil ujian gelombang 2, yaitu pada hari ini, Kamis (23/6/2022) pukul 15.00 WIB.

Untuk pengumuman nama-nama peserta yang lolos dapat dicek selengkapnya di laman https://pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id/ dan link mirror masing-masing universitas tujuan.

Berikut ini adalah caraa melihat pengumuman hasil UTBK SBMPTN 2022:


  1. Klik pengumuman-sbmptn.ltmpt.ac.id atau laman mirror universitas masing-masing.
  2. Login dengan nomor pendaftaran (10 digit)
  3. Masukkan tanggal lahir Anda.
  4. Hasil pengumuman SBMPTN akan muncul di halaman yang diakses


Cara Cek Nomor Pendaftaran SBMPTN 2022


  1. Nomor pendaftaran SBMPTN dapat dilihat di kartu registrasi yang diunduh peserta saat menyelesaikan tahapan pendaftaran SBMPTN.
  2. Nomor pendaftaran tersebut terdapat di akun LTMPT dan bisa dicek kembali.

Daftar Link Mirror untuk Cek Pengumuman SBMPTN 2022


Berikut ini daftar link mirror dari PTN/universitas untuk melihat hasil pengumuman UTBK SBMPTN 2022:



Baca juga artikel terkait SBMPTN 2022 atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Pendidikan)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Yantina Debora

DarkLight