Sinopsis The Raid: Redemption, Film Iko Uwais Malam Ini di Trans 7

Oleh: Maria Ulfa - 13 Desember 2020
Dibaca Normal 1 menit
The Raid: Redemption menceritakan tentang Rama dan pasukannya yang menggerebek apartemen di daerah kumuh Jakarta untuk menangkap gembong narkoba.
tirto.id - Film Iko Uwais, The Raid: Redemption akan tayang pada malam ini, Minggu (13/12/2020) pukul 24.00 WIB di Trans 7.

Film yang ditulis dan disutradarai oleh Gareth Evans ini telah tayang di bioskop pada tahun 2012

Sinopsis The Raid: Redemption


Film aksi kriminal ini menceritakan tentang Rama (Iko Uwais) yang bergabung dengan pasukan elite polisi dan terdiri dari 20 orang bersenjata lengkap, termasuk petugas Bowo (Tegar Satrya), Dagu (Eka Ramaadia), Sersan Jaka (Joe Taslim) dan Letnan Wahyu (Pierre Gruno).

Mereka akan melakukan penggerebekan di sebuah blok apartemen di daerah kumuh Jakarta, dengan maksud untuk menangkap penguasa kejahatan dan bandar narkoba, Tama Riyadi (Ray Sahetapy).

Bersama dengan dua anak buahnya, Andi (Donny Alamsyah) dan Mad Dog (Yayan Ruhian), Tama memiliki blok apartemen tersebut dan mengizinkan para penjahat dan pecandu dari sekitar kota menyewa kamar di bawah perlindungannya.

Pertarungan sengit antara pihak kepolisian dan para penghuni apartemen tersebut pun pecah. Rama dan rekan-rekannya beberapa kali terjebak dalam situasi yang menegangkan.

Beberapa polisi juga tewas di tempat karena insiden tersebut. Lantas, mampukah Rama dan timnya memenangkan pertarungan tersebut dan menangkap Tama Riyadi?

Ide film The Raid: Redemption sendiri dibuat oleh Gareth Evans usai dirinya pindah ke Indonesia untuk membuat film dokumenter tentang seni bela diri negara Pencak Silat.

Saat itu pula, ia bertemu dengan Iko Uwais, seorang praktisi Silat yang kala itu bekerja sebagai kurir di sebuah perusahaan telepon yang berbasis di Jakarta.


Evans kemudian memutuskan merekrut Iko Uwais untuk filmnya, Merantau (2009) dan juga The Raid.

The Raid: Redemption juga tayang di sejumlah negara dan berhasil meraih kesuksesan dengan keuntungan mencapai 9,1 juta dolar Amerika (AS).

The Raid: Redemption sukses dengan didistribusikan secara internasional oleh Sony. Sebelumnya film ini tayang di Sundance dan Toronto Film Festival. Di Toronto Film Festival, The Raid: Redemption mendapat penghargaan Midnight Madness.

Setelah membintangi The Raid: Redemption sebagai pemeran utama, nama Iko Uwais berhasil mendunia. Bahkan, The Raid juga memiliki film sekuel yang diberi judul The Raid 2 (2013).

Selain itu, Keberhasilan The Raid sepertinya menjadi jalan bagi Iko dalam berkarier di Hollywood.

Yang mana, Iko Uwais berhasil membintangi film Star Wars: Episode VII - The Force Awakens (2015), Headshot (2017), Beyond Skyline (2017), The Night Comes For Us (2018), Mile 22 (2018), dan Triple Threat (2019).


Baca juga artikel terkait THE RAID REDEMPTION atau tulisan menarik lainnya Maria Ulfa
(tirto.id - Film)

Penulis: Maria Ulfa
Editor: Dhita Koesno
DarkLight