Sinopsis Tanda Tanya: Film Tentang Keberagaman Tayang di Netflix

Oleh: Ilham Choirul Anwar - 20 Januari 2021
Dibaca Normal 1 menit
Tanda Tanya adalah film tentang toleransi beragama yang bisa disaksikan melalui Netflix.
tirto.id - Film Tanda Tanya menceritakan tentang toleransi beragama di sebuah daerah di Jakarta. Dalam sebuah masyarakat kecil di sana, terdapat warga yang memiliki beragam keyakinan beragama. Film ini sudah bisa disaksikan melalui layanan streaming Netflix.

Tanda Tanya digarap oleh sutradara Hanung Bramantyo. Sementara penulisan skenario digarap oleh Titien Wattimena.

Para pemeran film Tanda Tanya ini di antaranya Reza Rahadian, Revalina S. Temat, Agus Kuncoro, Endhita, Rio Dewanto, dan Henky Solaiman. Film ini pertama kali tayang pada 7 April 2011.

Di situs IMDb, Tanda Tanya meraih rating 7,0 dari 10 oleh 200 penilai. Film berdurasi 1 jam 40 menit ini berhasil memenangkan Piala Citra di Festival Film Indonesia tahun 2011 untuk kategori Best Cinematography.


Sinopsis Tanda Tanya

Film Tanda Tanya mengisahkan kehidupan beberapa keluarga dengan perbedaan keyakinan, hidup saling berdekatan di sebuah area dekat Pasar Baru. Lingkungan mereka dikelilingi masjid, gereja dan klenteng. Mereka hidup bersama meski kadang memiliki konflik tersendiri dalam kehidupan bermasyarakat.

Salah satu kepala keluarga tersebut adalah Tan Kat Sun (Henky Solaiman). Dia memiliki restoran Canton yang mengolah beragam masakan Cina. Di sana juga tersedia makanan non-halal yang tidak boleh dimakan oleh penganut agama Islam.

Meski begitu, restoran Tan Kat Sun juga memiliki pelanggan dari kalangan muslim. Tapi, pemilik restoran cukup sadar dengan kenyataan itu. Oleh sebab itu, dia juga menyediakan kebutuhan makanan halal bagi pelanggan muslim.

Tan Kat Sun beragama Budha. Walau berbeda keyakinan dengan yang lain, dia konsisten untuk tetap menghargai karyawan, tetangga, hingga pelanggan muslimnya.


Di sisi lain ada Rika (Endhita) yang merupakan janda beranak satu, seorang mualaf. Dulunya, dia penganut agama Kristen. Meski menjadi orang tua tunggal, Rika tetap konsisten untuk mengajarkan Islam dan iman kepada anaknya, Abi.

Suatu hari, Abi khatam Al Quran. Di saat penting itu, orang tua Rika mau untuk berkunjung ke rumahnya. Dan suatu ketika, Rika memiliki rasa cinta pada Surya seorang pemuda muslim yang bersedia memerankan tokoh Yesus dalam sebuah drama.

Namun suatu ketika terjadi percekcokan. Menuk (Revalina S. Temat), salah satu pegawai Tan kat Sun yang berjilbab, harus berselisih paham dengan Soleh (Reza Rahadian) yang menjadi suaminya.

Soleh cemburu dengan Ping Hen alias Hendra (Rio Dewanto), lantaran dulunya Menuk dan Hendra pernah menjalin kasih di tengah perbedaan agama. Gara-gara inilaih Soleh dan Menuk kerap berkonflik dalam keluarganya.

Bagaimana jalan cerita selanjutnya tentang toleransi beragama di film Tanda Tanya? Selengkapnya bisa disaksikan melalui layanan streaming Netflix.


Baca juga artikel terkait FILM NETFLIX atau tulisan menarik lainnya Ilham Choirul Anwar
(tirto.id - Film)

Kontributor: Ilham Choirul Anwar
Penulis: Ilham Choirul Anwar
Editor: Alexander Haryanto
DarkLight