Sinopsis Soul 2020: Film Animasi Tentang Mimpi Besar Guru Musik

Kontributor: Olivia Dona Putri, tirto.id - 10 Feb 2021 18:20 WIB
Dibaca Normal 1 menit
Sinopsis Soul 2020, film animasi yang mengisahkan tentang mimpi besar guru musik.
tirto.id - Soul merupakan sebuah film animasi yang diproduksi oleh Pixar Animation bekerja sama dengan Walt Disney pada tahun 2020.

Awalnya, film ini direncanakan tayang pada Juni 2020, namun karena dampak virus Corona, film ini mundur jadwal tayang yang rilisnya bertepatan dengan hari natal 25 Desember 2020.

Di situs IMDb, Soul mendapat rating 8,1/10, sementara situs Rotten Tomatoes memberikan skor sebesar 95% dan penonton 88 persen.

Soul digarap oleh sutradara Pete Docter dan diproduseri oleh Dana Murray.

Docter adalah sutradara yang pernah memproduksi beberapa film animasi populer lainnya seperti Inside out (2015), Up (2009), dan Monster Inc (2011) yang berhasil menyabet beberapa penghargaan piala Oscar sebelumnya.

Soul sendiri berhasil memenangkan beberapa nominasi seperti Movie of the Year (AFI Awards, USA), Best Animated Film (Atlanta Film Critics Circle 2021), Best Animated Film (Alliance of Women Film Journalists 2021) dan beberapa penghargaan lainnya.

Sinopsis Film Soul (2020)


Film terbaru Pete Docter ini bercerita tentang seorang guru musik yang mempunyai mimpi besar untuk menjadi seorang musisi Jazz terkenal di kemudian hari.

Tetapi ia merasa berat untuk meniti karier dengan impian yang tidak kunjung terwujud, sehingga membuatnya tidak puas dan menjadi hampa dengan keadaan hidupnya yang sekarang.

Cerita ini berawal dari Joe Gardner (Jamie Foxx) yang mendapat kesempatan untuk tampil dalam sebuah acara klub Jazz terkenal setelah gagal mencoba berkali-kali dalam audisinya.

Dia merasa sangat bahagia karena penantiannya selama ini untuk menjadi musisi terkenal akan segera terwujud.

Konfliknya dimulai saat Gardner berada dalam perjalanan pulang dengan hati yang gembira tidak sengaja tiba-tiba terpelosok ke dalam selokan.

Peristiwa itu menjadikannya koma dan terbangun dengan wujud jiwa biru yang dinamakan 'Soul' di mana jiwanya tersebut diarahkan menuju "The Great Beyond" bersama jiwa orang-orang lainnya.

Namun, Joe berhasil meloloskan diri dan tersesat dalam "The Great Before" di mana jiwa-jiwa ini mulai dibentuk melalui beberapa pelatihan sebelum diturunkan ke bumi.

Di "The Great Before", Joe berusaha mencari jalan keluar untuk kembali ke bumi namun selalu gagal.

Sampai pada saat Joe merasa putus asa, dia bertemu dengan 22 (Tina Fey), salah satu jiwa yang akan diturunkan ke bumi dengan menjalankan beberapa pelatihan terlebih dahulu.

22 yang tidak mendapat keahlian khusus selama dalam perjalanan di "The Great Before" menjadikan dia merasa terbuang karena memiliki prasangka buruk tentang kehidupan di bumi.

Joe yang merasa 22 merupakan satu-satunya jalan untuk membantunya kembali ke bumi mulai berpikiran untuk membantu 22 dalam mencari jati diri yang belum menemukan "spark" atau sebuah tujuan.

Semangatnya yang tinggi untuk menggapai mimpinya membuat Joe melakukan segala sesuatu untuk itu.

Akankah perjuangannya yang besar membawa Joe kembali ke bumi dan mewujudkan impian terbesarnya?

Apakah Joe dan 22 dapat menemukan semua pencarian dan dapat kembali ke dunia manusia? Untuk menyaksikan kelanjutannya, film Soul saat ini sudah bisa dilihat melalui layanan televisi berlangganan Disney+ Hotstar.



Baca juga artikel terkait FILM ANIMASI atau tulisan menarik lainnya Olivia Dona Putri
(tirto.id - Film)

Kontributor: Olivia Dona Putri
Penulis: Olivia Dona Putri
Editor: Dhita Koesno

DarkLight