Sinopsis Makmum, Film Horor Indonesia Rilis di Bioskop 15 Agustus

Oleh: Sirojul Khafid - 14 Agustus 2019
Dibaca Normal 1 menit
Makmum diangkat dari film pendek yang telah tayang di berbagai festival film.
tirto.id - Film Makmum karya Riza Pahlevi, akan dibuat ulang dan rilis di bioskop-bioskop Indonesia pada Kamis (15/8/2019). Rini (Titi Kamal) akhirnya menyetujui ajakan Ibu Kinanti (Jajang C. Noer) untuk kembali ke asrama yang pernah dia tempati dahulu.

Rini juga akan mengelola asrama. Ibu Kinanti meminta Rini untuk mengelola asrama sebab akhir-akhir ini Ibu mulai sakit-sakitan dan memerlukan bantuan.

Sebelum Rini datang, asrama dipimpin oleh Rosa (Reny Yuliana), perempuan berhati dingin dan keras. Saat masa liburan, tiga anak, Nurul (Tissa Biani), Putri (Adila Fitri), dan Nisa (Bianca Hello), tidak diizinkan pulang lantaran nilai mereka jelek.

Saat berada di asrama, mereka bertiga sering mengeluh, ada teror dari makhluk gaib, terutama saat sedang salat. Ada semacam “makmum” gaib atau makhluk yang mengikuti saat salat.

Saat Rini tiba dan bertemu ketiga anak asrama, dia menyadari ada sesuatu yang memang tidak beres di dalam asrama ini, sesuatu yang menyangkut dendam masa lalu. Rini berusaha membantu ketiga anak tersebut. Sayangnya, dia tidak tahu nyawanya sendiri terancam.

Dilansir Antara News, film Makmum versi film pendek telah tayang di beberapa festival seperti Hellofest, PopCon Award, Jogja Netpac Asian Film Festival dan The Crappy International Movie di Suece, Spanyol.

Dalam penggarapan film pendeknya, Riza Pahlevi menyadari kemungkinan akan menimbulkan pro-kontra apabila menggabungkan dunia horor dan religius. Untuk mempersiapkannya, dia melakukan riset ke para tokoh agama.

“Benar-benar belajar tentang salat tahajud dan segala macam lebih dalam lagi agar tidak salah dan meleset,” kata Pahlevi.

Setelah proses pengambilan gambar selesai sekitar tahun 2015, film tersebut diunggah di akun youtube. Awalnya Pahlevi sempat ragu untuk membuat film pendek Makmum menjadi proyek layar lebar.

“Kami bertahun-tahun tidak menemukan formula yang tepat, bagaimana membuat cerita panjangnya,” kata Pahlevi yang membuat film pendek Makmum berdurasi sekitar tujuh menit. “Walau sempat ragu-ragu, kita beranikan diri untuk ambil proyek film layar lebarnya.”

Makmum juga merupakan film horor pertama Titi Kamal. Dia merasa karakter dalam film ini berbeda dengan peran yang biasa dia mainkan sebelumnya seperti fun dan happy. “Sangat deg-degan dan sangat exited,” kata Titi Kamal.

Makmum versi film panjang merupakan karya sutradara Hadrah Daeng Ratu dan penulis naskah Alim Sudio, Riza Pahlevi, dan Vidya Talisa Ariestya. Film berdurasi 95 menit ini berada dalam naungan studio produksi Blue Water Films dan Dee Company.

Sebelum film ini, Hadrah Daeng Ratu merupakan sutradara Sabotase (2009), Heart Beat (2015), Super Didi (2016), Mars Met Venus (Part Cowo) (2017), Mars Met Venus (Part Cewe) (2017), Jaga Pocong (2018) dan #Malam Jumat The Movie (2019).


Baca juga artikel terkait FILM INDONESIA atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)


Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Dipna Videlia Putsanra
Kontributor: Sirojul Khafid
DarkLight