Sinopsis Hospital Playlist di Netflix: Streaming, Rating, Jadwal S2

Oleh: Zulfa Nur Widowati - 12 Agustus 2020
Dibaca Normal 4 menit
Drama Korea Hospital Playlist season 2 dijadwalkan tayang di Netflix dan tvN pada 2021.
tirto.id - Drama Korea Hospital Playlist adalah salah satu drakor populer dengan genre medical humanistic yang telah menayangkan episode terakhirnya pada 28 Mei 2020. Bagi Anda yang saat ini sedang mencari rekomendasi drama Korea dengan genre kehidupan di rumah sakit, drakor Hospital Playlist laik untuk ditonton.

Hospital Playlist tayang di tvN dan platform streaming video berbayar Netflix pada Kamis, 12 Maret 2020 untuk episode perdananya. Drakor ini berada dalam arahan sutradara Shin Won Ho dan penulis naskah Lee Woo Jung.

Dilansir Asianwiki, sosok Lee Woo Jung dikenal sebagai penulis naskah drakor Reply 1988, Reply 1994, dan Reply 1997. Sang sutradara mengarahkan pula trilogi drama korea Reply tersebut. Shin Won Ho juga tercatat menggarap drakor Prison Playbook.

Netflix dan tvN pada setiap pekannya merilis Hospital Playlist dalam episode tunggal, yang tak biasa mengingat drama Korea pada umumnya saat ini on air dalam dua atau bahkan empat episode per pekan.

Diduga, Hospital Playlist cuma tayang satu episode per pekan lantaran drama ini berdurasi singkat hanya 12 episode. Artinya, Hospital Playlist punya durasi tayang sekitar tiga bulan.


Sinopsis Hospital Playlist

Drama Hospital Playlist mengisahkan tentang lima orang dokter yang berteman akrab sejak kuliah. Lima mahasiswa itu terus menjalin hubungan pertemanan hingga menjadi dokter spesialis andal dan bekerja di rumah sakit yang sama.

Mereka ialah Lee Ik Joon, Ahn Jung Won, Kim Joon Wan, Yang Seok Hyung, dan Chae Song Hwa.

Episode perdana dibuka dengan pengenalan masing-masing karakter para pemain. Dimulai dari Lee Ik Joon (Jo Jung Suk), seorang dokter ahli hepato bilier pankreas (saluran pencernaan) yang mahir dalam akademis dan sosial.

Berikutnya, ada Ahn Jung Won (Yoo Yeon Seok) sebagai ahli bedah pediatrik (spesialis anak) yang dikenal teliti dan sabar. Ia dikenal pemberani dalam mengemukakan opininya dan berwibawa.


Ketiga, Kim Joon Wan (Jung Kyung Ho), dokter ahli kardiotoraks (spesialis bedah). Jung Won dan Joon Wan bekerja dalam rumah sakit yang sama yaitu RS Gangwondae.

Keempat, Yang Seok Hyung (Kim Dae Myung) sebagai ahli kebidanan dan ginekologi yang selalu menghabiskan waktu luang untuk sang ibunda. Terakhir, Chae Song Hwa (Jeon Mi Do) sebagai ahli bedah saraf yang memiliki jiwa pendengar setia di dalam grupnya.

Ospek kampus mempertemukan mereka. Ketika para mahasiswa baru harus mengemukakan opininya, Jung Won dan Seok Hyung jenuh lalu kabur dari acara itu.

Gudang menjadi tempat persembunyian mereka. Rupanya, rasa jenuh dan kabur mereka itu dirasakan oleh tiga orang lainnya. Dari gudang ini mereka berdua bertemu Joon Wan, Lee Ik Jun, dan Cha Song Hwa.

Episode berlanjut, permasalahan mulai kompleks. Para dokter itu mendapat pasien dengan berbagai penyakit. Salah satunya kabar buruk dari presiden direktur RS Yuljae yang mengalami pendarahan di otak.

Kabar tersebut membuat para dokter bertanya siapa yang akan menggantikan posisi presiden tersebut. Kedua anak laki-laki dan kedua anak perempuan presiden RS Yuljae berprofesi sebagai pemuka agama, dan hanya anak kelima yang dapat diandalkan.

Ketika ayah dari Jung Won tiada, semua terungkap. Jung Won rupanya anak dari Presiden Ahn, pemilik RS Yulje. Jung Won merahasiakan semua ini. Ia tak ingin menjadi pemimpin perusahaan RS Yujle sebab masih bertugas di RS Gangwondae.

Jung Won pun meminta pamannya untuk mengontrol rumah sakit setiap hari. Ia juga memberikan arahan agar keuntungan rumah sakit jatuh pada pihak pertama.


Di tengah perjalanan, RS Yulje kekurangan dokter sedangkan pasien menambah pesat. Tanpa berpikir panjang, Jeong Won meminta bantuan teman-temannya untuk menjadi dokter mingguan di rumah sakitnya guna menangani bangsal VIP.

Tak mudah meyakinkan empat orang sahabatnya tersebut karena banyak syarat yang diajukan. Akhirnya syarat yang tak begitu rumit terkabulkan. Bermain band kembali seperti zaman kuliah dan diberikannya sejumlah fasilitas saat bekerja di rumah sakit.

Itulah alasan mengapa judul drama ini adalah Hospital Playlist lantaran dalam setiap episodenya selalu ada lagu jadul Korea yang di-cover oleh kelima dokter tersebut. Band tersebut bernama Geng 99 atau Band 99.

Cerita lalu berlanjut. Setiap dari mereka memiliki pengalaman sedih dan bahagia dalam menangani pasien dari penyakit ringan sampai di ambang maut sekalipun.

Jung Won merawat anak lelakinya yang sedang sakit perut. Joon Wan mendiagnosis salah satu pasien pada bayi kecil yang harus melakukan pembedahan di dadanya. Song Hwa yang membawa kedua pasiennya berkeliling rumah sakit. Jang yang sedang mengadakan konferensi memutuskan metode apa yang akan dipakai untuk operasi pasiennya.

Tak hanya itu, dalam drama korea ini juga terdapat kisah cinta segitiga. Dua orang dari Geng 99 menaruh hati pada Song Hwa. Seok Hyung sempat menyatakan cinta pada Song Hwa saat mereka masih kuliah. Namun pengakuan cinta itu ditolak Song Hwa.

Setlai tiga uang, Ik Jun pun sempat menaruh hati juga pada Song Hwa saat itu. Tapi begitu dia tahu Song Hwa menolak Seok Hyung, ia pun menarik diri.

Kini, selepas bercerai dengan istrinya, perasaan Ik Jun ke Song Hwa mulai tumbuh lagi. Di sisi lain, Ahn Chi Hong, dokter residen di poli saraf juga jatuh cinta pada Song Hwa.

Apakah Song Hwa memilih Ik Jun atau Ahn Chi Hong? Pertanyaan itu menggantungkan alur cerita pada episode 12 Hospital Playlist yang semakin membuat penonton penasaran.


Jadwal Hospital Playlist Season 2

Season 2 untuk Hospital Playlist, sebagaimana dilansir situs web Whats on Netflix, dijadwalkan tayang pada tahun 2021 mendatang. Respons positif dari pemirsa jadi dorongan kuat untuk melanjutkan drakor ini ke musim ke-2.

Hospital Playlist disebut ditonton oleh 7,3 juta pemirsa di Korea Selatan dan 46 juta pemirsa secara global. Akan tetapi, masih belum terungkap kapan tepatnya tvN dan Netflix akan merilis drama ini pada tahun depan.

Berikut trailer drakor Hospital Playlist:

Rating Hospital Playlist

Dilansir Soompi, Nielsen Korea mencatat drama Korea Hospital Playlist dari episode 1 hingga 12 selalu meraih rating tinggi. Pada 12 Maret, episode perdana drama ini mencetak rating rata-rata sebesar 6,3 persen secara nasional dan 7,1 persen untuk wilayah Seoul.

Untuk pertengahan episode pada 23 April, Hospital Playlist mengemas rating sebesar 12,1 persen, naik 0,4 poin dari pekan sebelumnya. Pada episode final, drama ini meraih rating 14,1 persen atau naik 1 poin dari episode sebelumnya.

Rating pada episode final merupakan rating tertinggi drama Hospital Playlist untuk keseluruhan episode. Imbasnya, semua drama Korea yang tayang pada hari yang sama, Kamis, mengalami penurunan rating.

Drama andalan MBC, Kkondae Intern, meraih rata-rata rating 3,7 dan 4,9 persen atau mengalami penurunan 1,5 poin dari episode sebelumnya. Sementara drakor Fix You yang tayang di KBS2, meraih 1,8 dan 2,5 persen penayangan dengan penurunan 0,2 poin.

Sementara drama Mystic Pop-Up Bar dari JTBC mengemas 1,557 persen dengan penurunan lebih dari 2 poin.


Cara Nonton Hospital Playlist di Netflix

Drama Hospital Playlist untuk Season 1 telah tamat dan dapat disaksikan secara legal via platfrom streaming video berbayar Netflix.

Untuk menonton dan streaming drakor Hospital Playlist di Netflix, Anda perlu menginstal aplikasi Netflix. Bagi yang belum memiliki aplikasi Netflix, Anda hanya perlu mengunduh aplikasi tersebut di smarthphone.

Selain menggunakan aplikasi, Anda juga bisa membuka situs web Netflix di web browser PC. Untuk menonton konten video yang ada di Netflix, pengguna wajib mendaftar dan berlangganan paket terlebih dahulu.

Bagi pengguna baru, Netflix juga menawarkan free trial atau masa percobaan gratis dengan durasi hingga 30 hari. Berikut cara streaming dan login Netflix di ponsel atau tablet termasuk via web browser:

  1. Buka iTunes App store atau Play Store
  2. Cari Netflix, kemudian lakukan instalasi
  3. Setelah selesai terinstal, jalankan aplikasi Netflix
  4. Pilih Sign In
  5. Masukkan informasi akun, seperti email dan password yang digunakan dalam mendaftar Netflix
  6. Streaming film dan drama di Netflix siap dinikmati

Selain itu, pengguna juga bisa mengunduh drama Hospital Playlist terlebih dahulu jika tidak ingin melakukan streaming, dan episode tersebut nantinya bisa ditonton secara offline tanpa menggunakan jaringan internet dan itu legal dilakukan.

Caranya cukup mudah, pengguna hanya perlu mencari ikon download atau unduh dalam setiap episode drama Hospital Playlist dan kemudian klik ikon tersebut.

Setelah proses download selesai, maka otomatis episode drama akan tersimpan dan setelah itu dapat ditonton secara offline.

Untuk menonton drakor Hospital Playlist di Netflix melalui web browser silakan kunjungi tautan ini.


Baca juga artikel terkait HOSPITAL PLAYLIST atau tulisan menarik lainnya Zulfa Nur Widowati
(tirto.id - Film)

Kontributor: Zulfa Nur Widowati
Penulis: Zulfa Nur Widowati
Editor: Ibnu Azis
DarkLight