Sinopsis Film The Mule: Kisah Nyata Tentang Kakek Si Kurir Narkoba

Oleh: Sirojul Khafid - 11 Januari 2019
Dibaca Normal 1 menit
"The Mule" bercerit tentang Earl Stone yang bekerja sebagai kurir narkoba, dan menggunakan uang tersebut untuk membeli truk serta membantu komunitas.
tirto.id - Film “The Mule” akan tayang di Indonesia bulan Januari 2019, namun tanggal penayangannya belum diumumkan. Rilis perdana film ini juga telah dirilis pada 14 Desember 2018.

Di situs Rotten Tomatoes, film karya Clint Eastwood ini mendapat skor 6,1 dari 10.

Tokoh utama “The Mule,” Earl Stone (Clint Eastwood) adalah kakek petani berusia 90-an tahun. Hidup masa senja yang tenang, bercanda dengan keluarga, dan ekonomi mapan idaman banyak orang tidak terjadi pada Earl.

Apabila kita melihat masa mudanya, maka tidak akan terbayang keadaan tua yang bangkrut, sendiri dan terabaikan.

Earl muda adalah pebisnis yang sukses, namun dia mengabaikan istri, Mary (Dianne Weist) dan anak perempuannya, Iris (Alison Eastwood). Pekerjaan lebih penting dari keluarga.

Istri dan anaknya meninggalkan Earl, sampai suatu ketika bisnisnya bangkrut. Sifatnya yang terdahulu membuat dia susah untuk meminta bantuan kepada keluarga dan saudaranya. Hanya cucunya, Ginny (Taissa Farmiga ), yang pemaaf, mau menemaninya.

Dalam masa sulit, datanglah tawaran pekerjaan sebagai supir. Dia hanya bertugas mengemudi dari Amerika ke Meksiko mengantarkan barang. Misi pertamanya sukses.

Dia pun menerima uang yang banyak. Dia tidak mengetahui bahwa yang mempekerjakannya adalah kartel narkoba bernama Sinaloa, dan barang yang dia antarkan adalah narkoba.

Uang hasil mengantar narkoba dia gunakan untuk membantu pernikahan cucunya dan membeli truk pribadi baru. Mengetahui bahwa yang dia bawa adalah narkoba, dia berniat berhenti.

Niat itu terabaikan karena komunitas lokal VFW beresiko ditutup kecuali mendapat sumbangan 25 ribu dolar AS.

Akhirnya dia melakukan misi yang kedua, dan membantu komunitas. Mungkin Earl berfikir bahwa dirinya semacam Robin Hood.

Misi demi misi dia lalui dengan keberhasilan yang memuaskan. Hal itu membuat pimpinan kartel bahagia. Bisa jadi para polisi tidak menaruh curiga terhadap kakek tua yang mengemudi.

Tapi agen keamanan DEA berhasil menangkapnya suatu hari. Earl merasa bersalah dan ingin memperbaiki seluruh kesalahan masa kini dan lalu apabila dia bisa lolos dari hukuman.

“The Mule” diangkat dari kisah nyata pria bernama Leo Sharp. Kisah ini bermula dari laporan The New York Times Magazine pada Juni 2014.

Judul aslinya yaitu “There’s a True Story Behind ‘The Mule’: The Sinaloa Cartel’s 90-Year-Old Drug Mule” karya Sam Dolnick.

“The Mule” berada dalam naungan rumah produksi Warner Bros. Nick Schenk bertindak sebagai penulis.

Film ini adalah penampilan Clint Eastwood setelah terakhir pada 2012 di “Trouble With the Curve”.


Baca juga artikel terkait THE MULE atau tulisan menarik lainnya Sirojul Khafid
(tirto.id - Film)


Penulis: Sirojul Khafid
Editor: Yandri Daniel Damaledo